Dampak Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.79Keywords:
Covid-19, online learningAbstract
Secara resmi pada tanggal 31 desember 2019 Cina melaporkan kasus pertama infeksi virus covid-19 kepada WHO. Serangan virus covid 19 membawa perubahan besar bagi dunia termasuk Indonesia. Hal ini membawa dampak besar bagi seluruh sektor dalam kehidupan terutama pada sektor pendidikan. Mewabahnya virus Covid 19 membuat pemerintah memberikan kebijakan - kebijakan untuk membatasi penyebaran virus covid 19 terkhusus pada bidang pendidikan dengan mengalihkan pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Guru dan siswa dipaksa untuk siap dalam pelaksanaannya, meskipun selama ini beberapa sekolah belum pernah melakukan pembelajaran dengan sistem online. Melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui dampak pembelajaran online pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Pengumpulan data dilakukan dengan menelaah sumber bacaan, buku, hasil penelitian orang lain, dan media internet yang ada dan yang paling penting adalah menggunakan sumber-sumber yang relevan
Kata Kunci:Pembelajaran Online, Covid-19
References
Anwar Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta : Salemba Empat
Ericha Windhiyana Pratiwi (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan. Vol 34 Issue 1.
Feri, P dan Rusdi. Respon Siswa Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Sosial Landscape Journal. Hlm 1-7
Imron Fauzi. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember : IAIN Jember Press. ISBN:978-602-414-088-5
K. Ghazali. 2014. Sistem E-learning Untuk Mendukung Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus Pada Universitas Indo Global Mandiri Palembang). Scientific Journal Of Informatics. Vol 1, No. 1.
Muis, A dan Bahri, A. 2018. Respon Guru Dan Siswa SMA Terhadap Penggunaan Quipper School Dalam Blended Learning Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Biology Teaching and Learning. Volume 1 No 2. Hlm 162-171
Niken B, A. 2020. SISTEMATIK REVIEW: DAMPAK PERKULIAHAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP MAHASISWA INDONESIA. PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. Vol 8 No 2. Hlm 99-108
Nurwansyah, A dan Lestanto, P. S. 2018. Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/wanastra. Vol 10 No 2. Hlm 105-110
Purwanto, A. (2020) ‘Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar’.
Rizqon Halal Syah Aji (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia : Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, Vol. 7 No. 5 (2020), pp. 395-402, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Saifuddin, M. F. (2016) “ELEARNING DALAM PERSEPSI MAHASISWA”, PP.102-109.
Susilo, A. et al. (2020) “Coronavirus disease 2019 : Tijauan Literatur Terkini coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures”,7(1), pp. 45-67.
Titi Dkk. 2020. Respon Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Penggunaan Google Classroom Di Era Covid-19. Jurnal Integral. Volume 11 No 1. Hlm 60-68
https://sevima.com?perbedaan-blended-learning-dan-e-learning/