ANALISIS IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL`ALAMIN PADA KMA NO. 347 TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.472Keywords:
Kurikulum Merdeka, P5 dan PPRA, kmAbstract
Sejak diberlakukannya kurikulum merdeka Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Proyek Pelajar Rahmatan Lil Alamien (PPRA) menjadi program yang wajib diselenggarakan bagi semua sekolah tidak terkecuali di MIN 1 Banyuwangi sebagai madrasah yang menerapkan Kurikulum Merdeka. Tujuan dari artikel ini adalah untuk menganalisis implementasi P5 dan PPRA dalam Kurikulum Merdeka berdasarkan KMA No. 347 tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemilihan sumber menggunakan purposive dan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Dari hasil observasi penelitian, pelaksanaan proyek pelajar pancasila dengan tema kewirausahaan pada kelas 4 yang tempat pelaksanaanya berada di depan kelas mendapat antusiasme dari siswa. Dalam satu kelas tersebut dibagi menjadi 3 kelompok diantaranya kelompok diponegoro membuat nasi goreng, kelompok Kartini membuat es buah dan kelompok Cut Nya' Dien membuat jasuke (jagung susu keju). Secara berkelompok, mereka bekerjasama membuat makanan dan minuman, juga dalam menata dan menyajikan makanan, mereka terlihat sudah sangat pandai. Berdasakan KMA No. 347 tahun 2022 nilai P5 yang diterapkan adalah Bergotong royong, Kreatif, dan Mandiri. Sedangkan nilai PPRA yang diterapkan adalah Berkeadaan (ta’addub), Keteladan (qudwah), dan Musyawarah (syura).
References
Akhmadi, A. (2022). Strategi Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil “Alamin Melalui Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah. Jurnal Perspektif, 15(2). 121–130
Aulia, D. (2023). Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Melalui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 122-133.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 18(2), 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480
Hidayat, R. (2022). Analisis Pelaksanaan Proyek Profil Pelajar Rohmatan Lil Alamien (PPRA) di Madrasah. Diskusi Periodik.
Isrososiawan, S. (2013). Peran Kewirausahaan dalam Pendidikan. Society, 4(1), 26–49. https://doi.org/10.20414/society.v4i1.329
Maulida, V. N. (2023). Implementasi Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Batu. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang
Miles, M. B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A. Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications.
Mufid, M. (2023). Penguatan Moderasi Beragama dalam Proyek Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin Kurikulum Merdeka Madrasah. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(2), 141-154.
Mukni’ah, M. (2019). Tentang Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Jurnal Tarbiyatuna, 10(2), 137–146. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v10i2.2696
Mukti, Ali. (n.d.). Makalah Diskusi Periodik. In Lpm.Uinkhas.Ac.Id. https://lpm.uinkhas.ac.id/download/file/Makalah_Ali_Mukti_fix.pdf
Mulyana, Deddy. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Saraswati, Diah Ayu et al. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185–191. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578
Sekretariat Negara Republik Indonesia, (2022) Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia No.347 Tahun 2022 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun (2021). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Http://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.
Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Yusuf, A. (2013). Produktivitas Kerja Guru Ditinjau dari Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Organisasi Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru di SMP Negeri Se-Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 107-115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 nahdiah_12r Nur, Ningsi, Laila Nazilatul Husna, Rofiq Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.