PENGARUH HOME VISIT DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 02 KENDALSARI PEMALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i2.135Keywords:
Home Visit, Lingkungan Keluarga, Prestasi BelajarAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of the home visit method and the family environment on the learning achievement of students in fourth grade mathematics at SD Muhammadiyah 02 Kendalsari Pemalang. The population of this research is fourth grade students of SD Muhammadiyah 02 Kendalsari Pemalang and parents of grade IV SD Muhammadiyah 02 Kendalsari Pemalang consisting of 37 students and 37 parents of students and 1 class teacher. The analytical tools used are correlation analysis, regression analysis, t hypothesis testing, f hypothesis testing and coefficient of determination assisted by SPSS 20 for Windows program. The results of the correlation analysis of the first hypothesis show that there is a positive and significant relationship from the home visit variable to the learning achievement of students with a correlation test value of 0.435 and a sig value. of 0.07 while the results of the t test show t count 2.860 > t table 1.692. The results of the analysis of the second hypothesis show a positive and significant relationship between the family environment variable and the learning achievement of students with the Pearson product moment correlation test value of 0.434 and the value of sig. 0.007 while the t test value is 2.470 > t table 1.633. The third hypothesis is that there is an effect of home visits and family environment together on the learning achievement of students with a calculated F value of 4.281 > F table of 3.25. The value of the coefficient of determination is 0.201, so it can be concluded that the effect of home visits and family environment on student learning achievement is 20.1%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode home visit dan lingkungan keluarga terhadap pretasi belajar peserta didik mata pelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 02 Kendalsari Pemalang. Populasi penelitian ini siswa kelas IV SD Muhammadiyah 02 Kendalsari Pemalang dan orang tua kelas IV SD Muhammadiyah 02 Kendalsari Pemalang yang terdiri dari 37 peserta didik dan 37 orang tua peserta didikan serta 1 guru kelas. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi, analisia regresi, pengujian hipotesis t, pengujian hipotesis f dan koefisiaen determinasi berbantu program SPSS 20 for Windows. Hasil analisis korelasi hipotesis pertama menunjukan adanya hubungan yang positif dan signifikan dari variabel home visit terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai uji korelasi sebesar 0,435 dan nilai sig. sebesar 0,07 sedangkan hasil uji t menunjukan t hitung 2,860 >t tabel 1,692. Hasil analisis hipotesis kedua menunjukan hubungan yang positif dan signifikan dari variabel lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai uji korelasi pearson product moment sebesar 0,434 dan nilai sig. 0,007 sedangkan nilai uji t sebesar 2,470 > t tabel 1,633. Hipotesis ketiga terdapat pengaruh home visit dan lingkungan keluarga secara berama-sama terhadap prestasi belajar peseta didik dengan nilai F hitung 4,281> F tabel 3,25. Nilai koofesien determinasi sebesar 0,201, sehingga dapat disimpulkan pengaruh home visit dan lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 20,1%.
References
Awaliah, N., Nurhaedah, N., & Atjo, S. E. P. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Home Visit terhadap Hasil Belajar Siswa SD di Masa Pandemi Covid-19. Nubin Smart Journal, 1(1), 42-54. https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/8
Ayu, E., Djafar, M. I., & Sabir, A. Hubungan Intensitas Komunikasi Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN 9 Ta'kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jppsd: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(3).https://doi.org/10.26858/pjppsd.v2i3.34708
Hall, C. (2020). “The Impact of Family Engagement on Student Achievement”. Networks: An Daring Journal for Teacher Research, 22(2). https://doi.org/10.4148/2470-6353.1327
Hamzah, A & Muhammadiyahlisrarini. (2016). Perancangan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak, (terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Iskandar, A. M., & Supardi, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Home Visit Method Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Di Sd Inpres Borong Jambu Ii Kecamatan Manggala Kota Makassar. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa, 2(1), 1-8. https://doi.org/10.37289/kapasa.v2i1.111
Makmun, S. (2021). “Kombinasi Pembelajaran Media Daring dengan Strategi Home visit pada Masa Pandemi Covid-19 pada Sekolah Dasar Negeri 1 Batu Layar”. Jurnal Ilmiah Telaah, 6(1), 20-25.https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i1.74
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016. Diakses tanggal 11 Agustus 2022 dari https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_24_16.pdf
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Peserta didik kelas V Di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68-74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Priadi, A., & Nuha, R. A. (2019). The Influence of Family's Support for Students English Learning Achievement at Elementary School Age. English Language Teaching Educational Journal, 2(2), 90-101.
Prasetyo, T., Mujahidin, E., Rasmitadila, R., & Yuani, A. K. (2021).” Implementasi Metode Home visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik SD pada Masa Pandemik Covid-19”. Jurnal Abdidas, 2(4), 894-902. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.388
Rahmania, S., Maula, L. H., & Khaleda, I. (2021). “Perbandingan Keaktifan Peserta didik dalam Pembelajaran Sistem Home visit dan Sistem Daring”. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 94-100. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.179
Slameto. (2013). Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Bhineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA, CV.
Syamsu Yusuf LN. (2007). Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 4 Tahun 2020. Diakses tanggal 11 Agustus 20222 dari https://disdikpora.baliprov.go.id/wp-content/uploads/2020/03/SE-Menteri-Nomor-4-Tahun-2020_.pdf
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan nasional. Diakses tanggal 11 Agustus 2022 dari https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20__Sistem Pendidikan_Nasional.pdf
Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555-564. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1526
Zuhro, L., Sholikhah, M., Ustoyo, V. V. A., & Lailiyah, S. (2021). Pengaruh Layanan Home Visit dan Partisipasi Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 6(2), 154-165.https://doi.org/10.15642/jrpm.2021.6.2.154-165
Downloads
Published
Versions
- 2022-12-26 (5)
- 2022-12-24 (3)
- 2022-12-24 (2)
- 2022-12-24 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Agung Wahyu Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.