PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TUMBUHAN MELALUI MEDIA GAMBAR BERBASIS CANVA SISWA KELAS 4 SDN DUKUH KUPANG 1 SURABAYA

DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v6i1.827Keywords:
Media Gambar, Canva, Hasil Belajar, Pembelajaran IPAS, Siswa Sekolah DasarAbstract
ABSTRACT
This study aims to improve the learning outcomes of fourth-grade students at SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya in the topic of Plants by using image-based media through Canva. The method employed was Classroom Action Research (CAR) consisting of two cycles. Each cycle included planning, implementation, observation, and reflection. Data were collected through learning outcome tests, teacher and student observation sheets, and student response questionnaires. The results showed that the use of Canva media effectively improved student learning outcomes, with the percentage of mastery increasing from 57% in the first cycle to 89% in the second cycle. Students' learning activities also improved from the "fair" to "good" category. Student responses toward Canva were very positive, with response scores increasing from 71.61% to 90.98%. In conclusion, image-based media using Canva is effective as a visual learning tool to enhance students' conceptual understanding and learning motivation.
Keywords: visual media, Canva, learning outcomes, science learning, elementary students.
ABSTRAK
Hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuh Kupang 1 Surabaya pada materi Tumbuhan masih rendah, salah satunya disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran konvensional yang kurang menarik dan belum sesuai dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan media gambar berbasis Canva. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, lembar observasi guru dan siswa, serta uji respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan persentase ketuntasan meningkat dari 57% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi kategori baik. Respon siswa terhadap media Canva sangat positif, dengan skor respon meningkat dari 71,61% menjadi 90,98%. Kesimpulannya, media gambar berbasis Canva efektif digunakan sebagai media pembelajaran visual yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: media gambar, Canva, hasil belajar, pembelajaran IPAS, siswa sekolah dasar
References
Alfina, Lady, & Erik, H. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bagian Tumbuhan Beserta Fungsinya Berbasis Media Canva Di SDN 01 Tawangrejo. 140–144.
Aransyah, M. F., Fourqoniah, F., & Riani, L. P. (2023). Enhancing the Student Entrepreneurship Education Model Using Design Thinking and Lean Canvas Approaches. Journal of Social Studies Education Research, 14(2), 195–216.
Dahliani, L. (2023). Media pembelajaran pertumbuhan tanaman hidroponik menggunakan demonstrasi dan discovery learning berbasis Aplikasi Canva: Studi Kasus di Era Digital. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295
Dorsey-Elson, L., Chavis, C., Baptiste-Roberts, K., Bista, K., Tannouri, A., Oni, A., Rockward, M., Allen-Milton, S., Kinyua, A., Pratt-Harris, N., Brunson, D. J., & Efe, S. (2021). Teaching and Learning as CANVAS Ambassadors During the COVID-19 Pandemic: Faculty Experiences at One Historically Black College and University. Journal of Interdisciplinary Studies in Education, 10(1), 1–15.
Firman Aulia Ramadhan, R. M. P. (2022). Using Poster Comment Method to Improve English Writing Ability of V-A Class at MIN 4 Jember. EDUCARE: Journal of Primary Education, 3(2), 111–124. https://doi.org/10.35719/educare.v3i2.106
Helmandollar, M. S. (2020). Meeting Students Where They Are: Implementing Canvas for Successful Student Outreach. Inquiry, 23(1). https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=shib&db=eric&AN=EJ1265811&site=ehost-live&scope=site&custid=s5501413
Ines, M., Pare, T., & Wau, M. P. (2025). Inovasi Pembelajaran IPAS melalui Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Siswa Kelas IV SDN Natakupe Innovation in Science and Technology Learning through the Development of Interactive Powerpoint Media Based on a Scientific Approach in Grade IV Students of SDN Natakupe. 76.
Media, V., Suhada, N. N., & Nurulaeni, F. (2023). Upaya Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Materi IPA Melalui Media Video Animasi Canva. 3(1), 30–36.
Nilamsari, S. R., & Madiun, U. P. (2024). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Canva Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Nambangan Kidul. 5, 874–879.
Nurhosen Nurhosen, Sayyinul Sayyinul, Rofik Iskandar, Malikal Balqis, & Miftahus Surur. (2024). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 81–96. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.324
Olsson, D., Gericke, N., Boeve-de Pauw, J., Berglund, T., & Chang, T. (2019). Green schools in Taiwan – Effects on student sustainability consciousness. Global Environmental Change, 54(March 2018), 184–194. https://doi.org/10.1016/j.gloenvcha.2018.11.011
Ramadhan, F. A. (2021). Vektor : Jurnal Pendidikan IPA Dalam Pembelajaran IPA Di Pendidikan Sekolah Dasar. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, Volume 02,(nomor 2), 56–66. http://vektor.iain-jember.ac.id
Tresnaningtyas, R. P., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Berbasis Make a Match untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6037–6048.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diniyah Mar'atus Sholiha, Diah Yovita Suryarini, Mawan dwiyanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.