PENGEMBANGAN MEDIA LINGKAR CUACA AJAIB BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN BLIMBING III

Authors

  • Choerul Anwar Badruttamam Universitas Zainul Hasan Genggong, Probolinggo, Indonesia
  • Ika Setiawati STIT Al Muslihuun Tlogo Blitar, Blitar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.683

Keywords:

IPAS, Hasil Belajar, Media Lingkar Cuaca Ajaib, Android

Abstract

The development of Android-based Magic Weather Circle Media is an attractive solution in improving the quality of learning in elementary schools. By using the popular and easily accessible Android platform, Media Lingkar Weather Ajaib provides interactive and fun learning about weather phenomena. Through features such as graphic animations, real-time weather simulations, and interesting learning activities, this application can help students understand concepts. weather in more depth. The aim of using the popular and easily accessible Android platform, Media Lingkar Weather Ajaib provides interactive and fun learning about weather phenomena. Through features such as graphic animations, real-time weather simulations, and interesting learning activities, this application can help students understand concepts weather in more depth. This research uses a method commonly called RND (Research and development) which is a method that includes a series of steps to develop new products or improve existing products .It can be stated that the learning media developed is valid, practical, effective and efficient for use in Science Learning Weather.

Keywords : Science, Learning Results, Magic Weather Circle Media, Android

 

Pengembangan Media Lingkar Cuaca Ajaib berbasis Android menjadi solusi yang menarik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Dengan menggunakan platform Android yang populer dan mudah diakses, Media Lingkar Cuaca Ajaib menyediakan pembelajaran interaktif dan menyenangkan tentang fenomena cuaca Melalui fitur-fitur seperti animasi grafis, simulasi cuaca real-time, dan aktivitas belajar yang menarik, aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep cuaca secara lebih mendalam. Tujuan menggunakan platform Android yang populer dan mudah diakses, Media Lingkar Cuaca Ajaib menyediakan pembelajaran interaktif dan menyenangkan tentang fenomena cuaca Melalui fitur-fitur seperti animasi grafis, simulasi cuaca real-time, dan aktivitas belajar yang menarik, aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep cuaca secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan metode yang biasa disebut RND (Research and development) yang merupakan metode yang mencakup serangkaian langkah-langkah untuk mengembangkan produk baru atau memperbaiki produk yang telah ada. dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan telah valid, praktis, efektif dan efisien untuk digunakan dalam Cuaca Pembelajaran IPAS.

Kata Kunci: IPAS, Hasil Belajar, Media Lingkar Cuaca Ajaib, Android

References

Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17

Badruttamam, C. A., Kholidah, D. R., & Khofifah. (2021). Pengembangan Media Puzzle Mufrodat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas 1. IBTIDA’. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i2.227

Batubara, H. H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Android untuk Siswa SD/MI. Hamdan Husein Batubara, 3, 12–27.

Chuang, Y.-T. (2014). Increasing Learning Motivation and Student Engagement through the Technology- Supported Learning Environment. Creative Education, 05(23), 1969–1978. https://doi.org/10.4236/ce.2014.523221

Dr. I Made Tegeh, M.Pd.; Dr. I Nyoman Jampel, M. pd. ., & Drs. Ketut Pudjawan, M. P. (2014). MODEL PENELITIAN PENGEMBANGAN. Graha Ilmu. https://grahailmu.co.id/previewpdf/978-602-262-317-5-1341.pdf

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660

Izzaturahma, E., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis ADDIE pada Pembelajaran Tema 5 Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 216. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38646

Lestari, S. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra Pantun Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Development of Android-Based Learning Media Using Adobe Flash Cs 6 Applications in Biology Subjects. Ijcet, 2(1), 79–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujet/article/view/19336/9214

OECD. (2007). PISA 2006 : Science Competencies for Tomorrow ’ s World OECD briefing note for the United States. Organization for Economic Co-Operation and Development, December, 1–27.

Priscillia, Z. E., & Mufidah, E. (2023). Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah . Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas Iii Madrasah Ibtidaiyah , 04(01), 61–69.

Rahmayani, I. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.

Riduwan. (2018). Dasar-dasar statistika. Alfabeta.

Sulistya, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia Pada Materi Permukaan Bumi Dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5067

Yulianto, M., & Putri, D. A. P. (2020). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Iklim dan Cuaca untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(2), 128–133. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9088

Yunita, V., Alpusari, M., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Materi Sistem Tata Surya Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1670. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.8705

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Badruttamam, C. A., & Ika Setiawati. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA LINGKAR CUACA AJAIB BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI SDN BLIMBING III . AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 80–91. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.683