Analisis Penggunaan Media Whatsapp Group Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Tuwang 03 Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Putri Diana Lestari IAIN Kudus
  • Elya Umi Hanik IAIN Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.86

Keywords:

the Covid-19 pandemic, thematic learning, WhatsApp-based media

Abstract

ABSTRACT

The existence of this disease outbreak is a factor that forces our country, Indonesia, and other countries affected by Covid-19 to jointly implement and carry out online learning or distance learning which is commonly called PJJ. One that was used by educators at SD N Tuwang 03 during this pandemic in teaching and learning activities carried out in their respective homes which made it easier for both the educators themselves, students and parents of students was WhatsApp Group-based media.  This media was chosen because it was considered the most effective in helping students' learning process during online learning or learning from home.  The purpose of this study was to describe the use of WhatsApp Group learning media in thematic grade 1 at SD N Tuwang 03 during the Covid-19 pandemic.  The method in this research is descriptive qualitative research method with data collection techniques in the form of interviews.  The subjects of this study were educators who taught at SD N Tuwang 03. The results obtained in this study were the use of appropriate media used in SD N Tuwang 03 during the online learning period, namely WhatsApp Group-based media where the media can help students to be able to  carry out learning activities online or at home with the guidance of their parents.  This media is very easy and flexible to use in learning activities, and can be used as a communication and information tool.

 

 

 

ABSTRAK

Adanya wabah penyakit tersebut menjadi faktor yang memaksa agar negara kita negara Indonesia maupun negara-negara lain yang terkena covid-19 secara bersama-sama menerapkan dan melaksanakan pembelajaran secara daring atau Pembelajaran jarak jauh yang biasa disebut PJJ. Salah satu yang digunakan oleh pendidik di SD N Tuwang 03 pada masa pandemi ini dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di rumah masing-masing yang  dirasa memudahkan baik bagi pendidik itu sendiri, peserta didik maupun orang tua dari peserta didik adalah media berbasis WhatsApp Group. Dipilihnya media tersebut karena dianggap paling efektif untuk membantu proses belajar peserta didik pada saat pembelajaran daring atau belajar dari rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media WhatsApp Group pembelajaran dalam tematik kelas 1 di SD N Tuwang 03 di masa pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Subyek penelitian ini adalah pendidik yang mengajar di SD N Tuwang 03. Hasil yang diperolah dalam penelitian ini adalah penggunaan media yang tepat digunakan di SD N Tuwang 03 pada masa pembelajaran daring, yaitu media berbasis WhatsApp Group yang mana media tersebut dapat membantu peserta didik untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring atau di rumah dengan bimbingan orang tuanya. Media ini sangatlah mudah dan fleksibel digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dan dapt dijadikan sebagai alat komunikasi dan informasi kepada pendidik, peserta didik, maupun orang tua dari peserta didik.

Kata kunci: Media Berbasis WhatsApp, Pembelajaran Tematik, Pandemi Covid-19

References

Afnibar, A., & Fajhriani, D. (2020). PEMANFAATAN WHATSAPP SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI ANTARA DOSEN DAN MAHASISWA DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR (Studi terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang). AL MUNIR: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 70–83.

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273–289.

Arifin, M. (2020). (buku) Manajemen Pembelajaran Pendidikan Jarak Jauh untuk Millenial. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran Tematik:(Konsep dan Aplikasi). CV. AE MEDIA GRAFIKA.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. FENOMENA, 4(1).

Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155–165.

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Saputra, S. (2020). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP GROUP. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 7(1), 11–21.

Shodiq, I. J., & Zainiyati, H. S. (2020). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING MENGGUNAKAN WHASTSAPP SEBAGAI SOLUSI DITENGAH PENYEBARAN COVID-19 DI MI NURULHUDA JELU. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144–159.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenada Media.

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, M., & Yuniwati, I. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 331–341.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Lestari, P. D., & Hanik, E. U. (2022). Analisis Penggunaan Media Whatsapp Group Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN Tuwang 03 Pada Masa Pandemi Covid-19 . AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1), 43–56. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.86