PERAN MEDIA DIGITAL BERBASIS INFOKUS TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 PADANG MAGEK

Authors

  • Desra Yunita UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Tanah Datar, Indonesia
  • Yufi Latmini Lasari UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Tanah Datar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.535

Keywords:

Media Pembelajaran Infokus, Pembelajaran IPS

Abstract

The aim of this research is to examine the role of Infocus-Based Digital Media in Social Sciences Learning in Class VI of Padang Magek 16 State Elementary School. This research adopted a qualitative approach method, where in-depth interviews with students were conducted after they utilized infocus media during the learning process. The results of this research are that infocus-based learning media has a significant role in helping teachers achieve learning goals. It is said that because based on research results, students are less enthusiastic about learning because they feel learning is less interesting, especially in social studies learning. This problem can be overcome by using infocus-based learning media. Class IV students at Padang 16 State Elementary School feel that learning is more enjoyable and the social studies learning delivered is easier to understand.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti tentang Peran Media Digital Berbasis Infokus Terhadap Pembelajaran Ips Di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 16 Padang Magek. MetPenelitian ini mengadopsi metode pendekatan kualitatif, di mana wawancara yang mendalam dengan siswa dilakukan setelah mereka memanfaatkan media infokus selama proses belajar. Hasil penelitian ini ialah media pembelajaran berbasis infokus memiliki peran yang signifikan untuk membantu guru mencapai tujuan pembelajaran. Dikatakan demikian karena berdasarkan hasil penelitian peserta didik kurang antusias untuk belajar karena merasa pembelajaran kurang menarik terutama dalam pembelajaran IPS. Problem tersebut dapat diatasi dengan adanya media pembelajaran  berbasis infokus, peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri 16 Padang merasa pembelajaran terasa lebih menyenangkan dan pembelajaran IPS yang disampaikan lebih mudah dipahami.

 

 

 

References

Aldi, A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 2 Kedungmenjangan Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(3), 84–95.

Fanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). PeFanny, A. M., & Suardiman, S. P. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1. Https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.2311ngembangan Multimedia Interaktif . Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 1.

Hersita, A. F., Kusdiana, A., Respati, R., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.30132

Lestari, I. D., Halimatusha’diah, H., & Puji Lestari, F. A. (2018). Penggunaan Media Audio, Visual, Audiovisual, dalam Meningkatkan Pembelajaran kepada Guru-guru. Jurnal PkM Pengabdian kepada Masyarakat, 1(01), 55. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2361

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616

Rosardi, R. G., & Zuchdi, D. (2014). Keefektifan Pembelajaran Ips Dengan Strategi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Dan Kepedulian Siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2440

Sartika, E. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Eka Sartika 1. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 11(2), 173–182.

Shofaussamawati, S. (2018). Iman dan Kehidupan Sosial. Riwayah : Jurnal Studi Hadis, 2(2), 211. https://doi.org/10.21043/riwayah.v2i2.3133

Silaen, R. T. (2023). Pemanfaatan Penggunaan Infokus Dalam Pembelajaran Matematika Sma Di Sumatera Utara. Sepren, 4(02), 166–173. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i02.1029

Siregar, A., & Sumantri, P. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Proses Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu di Sekolah Dasar Kak Seto. Education & Learning, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.57251/el.v4i1.1242

Sofiasyari, I., Kurniawati, I., & Guntur, M. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Pengaruh Penggunaan Media Ajar IPS Berbasis Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. 6, 174–183.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Yunita, D., & Lasari, Y. L. (2024). PERAN MEDIA DIGITAL BERBASIS INFOKUS TERHADAP PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 16 PADANG MAGEK. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 1–08. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.535