PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 3 MI MIFTAHUL ULUM WONOSOBO BANYUWANGI

Authors

  •   Afiva Titi Maharani   UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  •   Muhammad Junaidi   UIN KHAS JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v6i2.840

  Keywords:

Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital, Pembelajaran Bahasa Jawa

Abstract

ABSTRACT

Local languages are an essential part of national cultural identity, playing a vital role in character building, strengthening national identity, and preserving local wisdom. In the digital era, interactive learning has become a relevant approach to maintain the existence of local languages while adapting learning methods to the needs of today’s students. However, Javanese language learning at MI Miftahul Ulum Wonosobo still faces several challenges, such as low student interest, monotonous teaching methods, and limited use of technology. To address these issues, this study aimed to develop and evaluate the feasibility, practicality, and effectiveness of a digital snakes and ladders learning media. This research employed the research and development (R&D) method using the ADDIE development model, which includes the stages of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The study involved 25 third-grade students and three expert validators, consisting of a media expert, a content expert, and a learning expert from a Javanese language teacher. Data were collected through observation, interviews, questionnaires, documentation, and tests, and were analyzed using qualitative and quantitative approaches. The results showed that the developed media was highly feasible, with an average validation score of 92.08%. In addition, the media was considered very practical based on a student response rate of 99.5%, and effective in enhancing student understanding, as indicated by an N-Gain score of 0.7764 (77.63%), which falls into the high category. Therefore, the digital snakes and ladders learning media is proven to be feasible, practical, and effective for use in Javanese language learning at the elementary school level.

 

 

Keywords: Learning Media, Digital Snakes and Ladders, Javanese Language Learning

 

ABSTRAK

Bahasa daerah merupakan bagian penting dari identitas budaya nasional yang berperan dalam membentuk karakter, memperkuat jati diri bangsa, dan melestarikan kearifan lokal. Seiring berkembangnya era digital, pembelajaran interaktif menjadi salah satu pendekatan yang relevan untuk mempertahankan eksistensi bahasa daerah sekaligus menyesuaikan metode belajar dengan kebutuhan siswa masa kini. Namun demikian, pembelajaran bahasa Jawa di MI Miftahul Ulum Wonosobo masih menghadapi beberapa kendala, seperti rendahnya minat siswa, metode pembelajaran yang cenderung monoton, dan kurangnya pemanfaatan teknologi. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan serta menguji kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran ular tangga digital. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas III serta tiga validator ahli. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes, yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan tergolong sangat layak dengan rata-rata skor validasi sebesar 92,08%. Selain itu, media ini dinilai sangat praktis berdasarkan respon siswa sebesar 99,5%, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, ditunjukkan oleh nilai N-Gain sebesar 0,7764 (77,63%) yang termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, media pembelajaran ular tangga digital ini terbukti layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ular Tangga Digital, Pembelajaran Bahasa Jawa

References

Ainul Asfin, Nuryana. 2017. “Media Pasinaon Dolanan ‘Ular Tangga Cangkriman’ Migunakaken Program Macromedia Flash Professional 8 Kangge Siswa SMP Kelas VII.” Jurnal Penelitian Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jawa 6 (6): 44–53.

Asmayanti, Astri, Isah Cahyani, and Nuny Sulistiany Idris. 2020. “Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksplanasi Berbasis Pengalaman.” In Seminar Internasional Riksa Bahasa XIV, 259–67. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model.” HALAQA: Islamic Education Journal 3 (1): 35–43. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Dany, A., Rifan, H., & Suryandari, M. 2024. “Peran Media Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Modern.” Cendekia Pendidikan 4 (1): 91–100. https://doi.org/10.9644/sindoro.v4i1.2933.

Hidayat, Fitria, and Muhamad Nizar. 2021. “Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam 1 (1): 28–37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.

Kholil, Mohammad, and Lailatul Usriyah. 2021. Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pengembangan Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. Yogyakarta: Bildung.

Nurlita, Ikka. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Aksara Jawa Edukatif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas Iv Sd Negeri Sekaran 02 Semarang.” UNNES, Skripsi.

PERGUB Jawa Timur Nomor 19 tahun 2014 tentang Mata Pelajaran Bahasa Daerah Sebagai Muatan Lokal Wajib di Sekolah/Madrasah.

Rachman, Arif, Yochanan Yochanan, Andi Ilham Samanlangi, and Hery Purnomo. 2024. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Karawang: Saba Jaya Publisher.

Rosidah, Rosidah, Muhammad Nizaar, Sintayana Muhardini, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, and Yuni Mariyati. 2022. “Efektifitas Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD.” In Seminar Nasional Paedagoria, 2:10–16.

Royani, Ahmad, Asmi Faiqatul Himmah, and Muhammad Junaidi. 2022. “Pendamping Pembelajaran Model Blended Learning Bagi Guru Madrasah Pinggiran Dalam Menghadapi Era 5.0.” ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5 (2): 174–89. https://doi.org/doi.org/10.69552/abdi_kami.v5i2.1587.

Utami, Sri, and Dimas Singgih Sulistyo Wardani. 2020. “Upaya Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Bahasa Jawa.” Likhitaprajna Jurnal Ilmiah 22 (1): 40–50. https://doi.org/10.37303/likhitaprajna.v22i1.176.

Wanah, Nur, Adelia Amanda Pramita, and M. Suwignyo Prayogo. 2024. “Penerapan Strategi Cooperatif Learning Mata Pelajaran IPA Materi Alat Panca Indera Manusia Kelas IV Di SDN Jatisari 02.” INKURI : Jurnal Pendidikan IPA 13 (1): 124–29. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v13i1.74839.

Wulan, Retno. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Wayang Untuk Pelajaran Bahasa Jawa Kelas II SD.” Basic Education: Jurnal Elektronik PGSD 2 (February): 15–28.

Yuwono, Pratik Hari, and Agung Nur Cholis. 2023. “Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas IV Di Sekolah Dasar.” RUANG KATA: Journal of Language and Literature Studies 3 (01): 65–72. https://doi.org/10.53863/jrk.v3i01.902.

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Maharani, A. T., & Muhammad Junaidi. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 3 MI MIFTAHUL ULUM WONOSOBO BANYUWANGI . AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 111–127. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v6i2.840

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.