PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POP UP BOOK PADA TEMA 5 MATERI EKOSISTEM KELAS V DI MI DARUSSALAM PACET
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.765Keywords:
Pop Up Book, Media pembelajaran Visual Interaktif, EkosistemAbstract
ABSTRACT
A teacher must have many innovations and creations to create quality learning, one of which is by using learning media. Media helps present educational content in a way that engages and captures students' attention. The pop-up book as a visual interactive media is needed as an alternative technology-based media in schools, especially in rural areas or schools that lack adequate technology infrastructure. The purpose of this study is to test the feasibility, gather responses from teachers and students, and assess the effectiveness of the pop-up book as a visual interactive learning media. The subjects of this study were fifth-grade students at MI Darussalam Pacet. This research used the Research and Development method with the ADDIE model. Data collection was carried out using observation, interviews, validation sheets, and questionnaires. In this study, the data analysis techniques used were validation sheet analysis, questionnaire analysis, descriptive analysis, Shapiro-Wilk normality test, paired sample t-test, and N-gain test. The results showed that the visual interactive pop-up book learning media was valid, with material expert assessment at 78.6%, language expert assessment at 80%, and media expert assessment at 96%. It was also effective in improving student learning outcomes with an average N-gain of 61.67%. This shows that the visual interactive pop-up book learning media developed using the ADDIE model is proven to be effective in improving students' learning outcomes.
Keywords: Interactive Visual Learning Media, Pop Up Book, Ecosystem, Research and Development.
ABSTRAK
Seorang guru harus memiliki banyak inovasi dan kreasi untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Media membantu menyajikan konten pendidikan dengan cara yang melibatkan dan memikat perhatian siswa. Buku pop-up media interaktif visual diperlukan sebagai alternatif media berbasis teknologi di sekolah-sekolah di pedesaan atau sekolah yang belum memiliki infrastruktur teknologi yang memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan, mengetahui respon guru dan siswa, serta mengetahui efektivitas buku pop-up media pembelajaran visual interaktif. Subjek pada penelitian ini adalah peseerta didik kelas V di MI Darussalam Pacet. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menggunakan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, lembar validasi, dan kuesioner. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis lembar validasi, analisis kuesioner, analisis deskriptif, uji normalitas Shapiro-Wilk, uji T sampel berpasangan, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran visual interaktif pop-up book valid dengan persentase penilaian ahli materi 78,6%, ahli bahasa 80%, dan ahli media 96%, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-gain 61,67% hal inienunjukkan bahwa media pembelajaran visual interaktif pop-up book yang dikembangkan menggunakan model ADDIE terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Visual Interaktif, Pop Up Book, Ekosistem, Penelitian dan Pengembangan.
References
Ainiyah, Z., Surjowati, R., & Roosyanti, A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Komponen Ekosistem Melalui Penerapan Media Pop-up Book. Jurnal Elementaria Edukasia, 5(1).
Eni Rahayu, W., & Sukadari. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Pembelajaran Kekinian bagi Guru Profesional IPS dalam Penerapan Pendidikan Karakter Menyongsong Era Society 5.0. UMP PRESS, Vol.10, 216–225.
Hamzah, P. (n.d.). Media pembelajaran. Badan Penerbit UNM,.
Hapsari and Fatimah. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan .pdf. (n.d.).
Hasmi, E. (2018). “Pentingnya Penggunaan MediaTerhadap Pembelajaran IPA dan IPS di Sekolah Dasar. Vol.4.
Hutagalung. (2010). Ekologi Dasar. Gramedia Pustaka.
Kororu, M., & Rahmah, N. (2023). Analisis Kesulitan Kognitif Siswa Sekolah Dasar dalam Memahami Materi Ekosistem pada Pembelajaran IPA. Jurnal Studi Guru, Vol.6(1).
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika,Vol. 10(02).
N. Nieveen, & T. Plomp (Eds). (1999). Design Approaches and Tools in Education and Training. Kluwer Academic Publish.
Sari, N. E., & Suryana, D. (2019). Thematic Pop-Up Book as a Learning Media for Early Child-hood Language Development. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol.13.
Sari, W. P. (2016). Pengaruh Gaji Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Pada Sma Swasta Bagan Sinembah, Rokan Hilir, Riau. 1.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, Vol. 5(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nimaturrifqiyatil Maula nimah, Yhasinta Agustyarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.