PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV

Authors

  • Sitti Julia Tobuhu IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Lian G. Otaya IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Ingka Rizkyani Akolo IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.673

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning, Video Pembelajaran

Abstract

The purpose of the research was to identify the impact of the discovery learning model using video media on students' learning outcomes in the topic of triangle area concepts, among fourth-grade students at SDN 2 Linawan, Pinolosian District. The study employed a quantitative method with a Pre-Experimental design, specifically the One Group Pretest-Posttest Design. The research subjects were 23 fourth-grade students from SDN 2 Linawan. The instrument used was a multiple-choice test. The learning outcome data were analyzed using the Nonparametric Wilcoxon test because the data were not normally distributed. The results of the study showed that the average pretest score was 47.5 and the
average posttest score was 81.25. The significant difference between the pretest and posttest scores indicates that the discovery learning model using video media can improve learning outcomes. Hypothesis test analysis supports this finding with a W value = 0, a Z value = -4.288, and a significance level of 0.000, indicating a significant impact of the discovery learning model using video media on students' mathematics learning outcomes in the concept of triangle area. The N-Gain value of 70.42% indicates a fairly high effectiveness in improving students' learning outcomes.

Keywords: Mathematics Learning Results, Discovery Learning Model, Learning Video

 

Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran discovery learning dengan media video terhadap hasil belajar siswa pada materi konsep luas segitiga, pada siswa kelas IV SDN 2 Linawan, Kecamatan Pinolosian. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimen, yakni Desain One Group Pretest Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Linawan yang berjumlah 23 orang. Instrumen berbentuk tes pilihan ganda. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji Nonparametrik Wilcoxon karena data tidak berdistribusi normal. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest adalah 47,5 dan rata-rata nilai posttest adalah 81,25. Perbedaan yang cukup besar antara nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa model discovery learning dengan media video dapat meningkatkan hasil belajar. Analisis uji hipotesis mendukung temuan ini dengan nilai Whitung = 0, nilai Z = -4,288, dan sig. = 0,000, yang mengindikasikan adanya pengaruh signifikan model discovery learning dengan media video terhadap hasil belajar matematika siswa pada konsep luas segitiga. Nilai N-Gain sebesar 70,42% menunjukkan efektivitas yang cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Discovery Learning, Video Pembelajaran.

Author Biography

Sitti Julia Tobuhu, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

 

 

References

Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741

DEPAG, R. (2024). AL-Qur’an AL-Karim dan Terjemahan dengan transliterasi. PT. Karya Toha Putra.

Handayani, N. F. (2022). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Ajung Kabupaten Balangan. Jurnal Terapung : Ilmu - Ilmu Sosial, 4(2), 37. https://doi.org/10.31602/jt.v4i2.8621

Ilfa, M. K., Ardianti, S. D., & Kuryanto, M. S. (2023). Pengaruh Discovery Learning Berbantu Media Audiovisual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 6(1), 141–152. https://doi.org/10.33503/prismatika.v6i1.2979

Ismail, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek “Project Based Learning” Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X IPA SMA Negeri 35

Halmahera Selatan Pada Konsep Gerak Lurus”. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(5), 256–269. https://doi.org/10.5281/zenodo.6466594

Isnaini, S. N., Firman, F., & Desyandri, D. (2023). Penggunaan Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 42–51. https://doi.org/10.24929/alpen.v7i1.183

Januar, R. L., & Nuriadin, I. (2024). Edupreneurship: Manfaat Video Pembelajaran Matematika Pada Platform Youtube. 8(1), 25–36.

Kurniawan, A. B., & Hidayah, R. (2020). Kepraktisan Permainan Zuper Abase Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Asam Basa. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 317–323. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p317-323

Meliyanti, Nahdi, D. S., & Devi, D. A. Y. (2020). Model Discovery Learning MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementaria Edukasia, 1(2), 196–204.

Murdiani. (2018). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Menjumlahkan Pecahan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Siswa Kelas Iv Sdn Hariang Kecamatan Banua Lawas Kabupaten Tabalong. Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, 4(2), 35–40.

Nawir, M., & Khaeriyah, H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Metematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif), 100–108.

Nurwindasari, A., Arum, S., Ardana, E., Oktafian, I., Rohmah, M., Mutazam, D. H., Susilo, S. A., Noersetiawan, D., Yogyakarta, U. N., & Artikel, I. (2020). Implementasi Landasan Pendidikan Sekolah Dasar di SD Negeri Baciro dan SDIT Ukhuwah Islamiyah. Jurnal JPSD, 7(1), 97–108.

Puspita, D. A., Utari, N. M. A. W., & Ningtyas, M. P. (2022). Penggunaan Uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk Menganalisis Perbedaan Persistensi Laba, Konservatisme Akuntansi dan Profitabilitas Sebelum dan Saat Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 6(1), 867–883.

Sumarnaya, I. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Emasains, 7(1), 76–81.

Suriadi, N. N. (2023). Implementasi model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia. Indonesian journal of educational development, 3(4), 484–494. https://doi.org/10.5281/zenodo.7675870

Turmuzi, M. (2021). Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif Dalam Memanusiakan Manusia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 1689–1699.

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Tobuhu, S. J., Otaya, L. G., & Akolo, I. R. (2024). PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(1), 32–43. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.673