THE STRATEGIES OF GUIDANCE LEARNING AT HOME TO MOTIVATE STUDENTS MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i2.515Keywords:
Strategi Bimbingan Belajar Rumahan, Motivasi Belajar Peserta Didik, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Guidance learning activities should have effective strategies for overcoming
students' learning problems, including in terms of learning motivation. This
research aims to describe the strategies used by guidance learning at home
to motivate students' learning at Madrasah Ibtidaiyah Mamba'ul Ulum
Dagan Solokuro, Lamongan. This research uses a qualitative approach.
Data was carried out through observation, interviews, and involvement in
activities. Research data analysis was carried out in three stages, namely
data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of
the research show that the strategies used are: identifying student learning
problems and planning learning strategies, carrying out guidance actions to
overcome student learning problems and carrying out reflection and
evaluation with students. The learning problems faced by students are being
reluctant to study subjects that are considered difficult, having difficulty
understanding the concepts of learning material, lacking study skills and
having a busy schedule of activities. These strategic efforts include using
varied and interesting learning methods and media, implementing effective
communication by paying attention to the diversity of student
characteristics, collaborating with teachers and parents, creating
structured, consistent and sustainable learning plans, practicing time
management, creating activities that are recreation. and create a pleasant
learning environment
Bimbingan belajar diharapkan memiliki strategi yang efektif untuk
mengatasi permasalahan belajar peserta didik, termasuk dalam hal motivasi
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang
digunakan oleh bimbingan belajar rumahan untuk memotivasi belajar
peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Mamba’ul Ulum Dagan Solokuro,
Lamongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan terlibat langsung dalam kegiatan. Analisis data penelitian
dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang
dilakukan yaitu:mengidentifikasi permasalahan belajar peserta didik dan merencanakan strategi pembelajaran, melakukan tindakan bimbingan untuk
mengatasi permasalahan belajar peserta didik serta membuat refleksi dan
evaluasi bersama peserta didik. Permasalahan belajar yang dihadapi
peserta didik yaitu enggan belajar mata pelajaran yang dianggap sulit, sulit
memahami konsep materi pembelajaran, kurang keterampilan belajar dan
memiliki kegiatan yang padat. Upaya strategis pembimbing yaitu
menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervaratif dan
menarik, melakukan komunikasi yang efektif memperhatikan keragaman
karakteristik peserta didik, bekerja sama dengan guru pengajar dan orang
tua, membuat rencana pembelajaran yang terstruktur, konsisten dan
berkesinambungan, melatih manajemen waktu, membuat kegiatan rekreatif
dan menciptakan suasana lingkungan belajar yang menyenangkan.
Kata kunci: Strategi Bimbingan Belajar Rumahan, Motivasi Belajar Peserta Didik,
Madrasah Ibtidaiyah
References
Aziz, Abdul, Mita Komara, Sahrul Fauzan, Wulan Maulani, and Rahman Taufiq Mustahiq Akbar. 2021. “Strategi Bimbingan Belajar Dan Pengenalan Teknologi Informasi Dalam Menghadapi Pendidikan Di Masa Pandemi.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1(32):87–101.
Badar, Nisma, and Arniati Bakri. 2022. “Strategi Pembelajaran Dengan Model Pendekatan Pada Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Agar Tercapainya Tujuan Pendidikan.” Jurnal JBES: Journal Of Biology Education and Sciencee 2(2):1–15.
Chusni, and Muhammad Minan. 2021. Strategi Belajar Inovatif. Sukoharjo: CV Pradina Pustaka.
Fitriani, Anisya. 2019. “Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah.” Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar 3(1):47–60. doi: 10.29240/jpd.v3i1.624.
Fuadi, Suryanto, and Totok Agus. 2021. Memahami Bimbingan Dan Konseling Belajar: Teori Dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan Serta Konseling Belajar. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Hamli, Haji, Mariatul Kibtiah, Maulana Hidayah, Sariyati, Sawitri, Siti Rahmah, and Widia. 2022. “Covid-19 Dan Bimbingan Belajar Masa Pendemi Di Desa Keramat Kecamatan Amuntai Selatan.” Al-Khidma, Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):97–106.
Hayudinna, Hafizah Ghany, Mei Rahmawati, Muhammad Maskur Musa, and Laela Azka
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pusvyta Sari, Leni Fitrotul Awwaliyah, Beatha Febby Sirma Alfitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.