INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MELALUI APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Amalia Fauziah Azhari UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fairuza Khadijah Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Dian Rif'iyati Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i2.529

Keywords:

Learning Media, Wordwall, Learning Motivation, Elementary School

Abstract

This research analyzes the innovation of game-based learning media through the Wordwall application in increasing students' learning motivation in elementary schools. The method that researchers use is the literature review method to examine wordwall-based learning media and its relationship with students' learning motivation in elementary schools. This research shows the results that wordwall media can be used by teachers to collaborate on learning based on gamification. The application of wordwalls in learning is considered relevant as a learning medium in order to develop students' understanding, through smart test layouts, wordwalls also make it easier for educators to analyze student learning outcomes assessments. Equipped with various game features, the wordwall application has been proven to increase the learning motivation of students in elementary schools.

 

Penelitian ini menganalisis terkait inovasi Media Pembelajaran Berbasis Game Melalui Aplikasi Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode telaah pustaka untuk mengkaji media pembelajaran berbasis wordwall dan hubungannya dengan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa media wordwall dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengkolaborasikan pembelajaran dengan basis gamifikasi. Penerapan wordwall dalam pembelajaran dinilai relevan sebagai media pembelajaran agar dapat mengembangkan pemahaman siswa, melalui layout-layout tes cerdas, wordwall juga memudahkan pendidik untuk dapat menganalisis penilaian hasil belajar peserta didik. Dilengkapi dengan fitur permainan yang beragam aplikasi wordwall terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di sekolah dasar.

References

Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall

Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Dihni, V. A. (2022). Jumlah Gamers Indonesia Terbanyak Ketiga di Dunia. Databoks.

Dwi Rochmada, E. (2022). Pengembangan Game Edukasi Wordwall Dalam Pembelajaran IPS

Materi Peninggalan Sejarah Kelas IV Sekolah Dasar. Pgsd, 10(06), 1355–1364.

Gandasari, P., & Pramudiani, P. (2021). Pengaruh Aplikasi Wordwall terhadap Motivasi Belajar

IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3689–3696.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1079

Justin Marquis. (2023). What Does Game-Based Learning Offer HIgher-ed. Gonzaga

University.

Khairunisa, Y. (2021). Pemanfaatan Fitur Gamifikasi Daring Maze Chase–Wordwall Sebagai

Media Pembelajaran Digital Mata Kuliah Statistika Dan Probabilitas. Mediasi, 2(1), 41–

https://doi.org/10.46961/mediasi.v2i1.254

Khairunnisa. (2023). Seminar Nasional LPPM UMMAT Analisis Penggunaan Media

Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air

Peserta didik Kelas IV SDN. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2(April), 353–361.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya, 1–129.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2012).

Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD

Muhammadiyah 2 Wonopeti. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 552–

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.3109

Panjaitan, R. G. P., Titin, T., & Putri, N. N. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Game

Edukasi sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI SMA. Jurnal

Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 141–151. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16062

Purnamasari, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2020). Bermain

Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online

Word Wall. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470–477.

https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Surahmawan, A. N. I., Arumawati, D. Y., Palupi, L. R., Widyaningrum, R., & Cahyani, V. P.

(2021). Penggunaan Media Wordwall sebagai Media Pembelajaran Sistem Pernafasan

Manusia. Pisces, 1(1), 95–105.

Susanti, Affrida, Z., & Fahyuni, E. F. (2017). Jenis Jenis Media Dalam Pembelajaran. Umsida,

(1), 1–17.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis

Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01),

–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Azhari, A. F., Fairuza Khadijah, & Dian Rif’iyati. (2023). INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME MELALUI APLIKASI WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR . AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 50–59. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i2.529