Pembentukan Sikap Taʻẓīm Peserta Didik kepada Guru Pasca Pembelajaran Taʻlīm Al-Mutaʻallim di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Fitri Awan Arif Firmansyah Universitas Selamat Sri Kendal

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.98

Keywords:

Attitude Ta'zim, Learning Ta'lim mutaallim

Abstract

The number of cases of violence perpetrated by students against teachers and the lack of respect for students for teachers, make educators and teachers have a way so that each student not only focuses on grades, but must also have respect for teachers with good character. One of the methods used in increasing respect for teachers is by providing learning materials Ta'lim al'muta'allim at the level of Madrasah Ibtidaiyah. In the Ta'limul Muta'allim book, several forms of description are presented that contain soft speech, stories or tales of old poetry, where this kind of presentation is expected for anyone who studies it will find it easy to understand it. In educational interactions (the learning process) the learning method has a central role, the teacher as an educator, teacher, trainer, mentor and transfer of knowledge which is the subject to determine how the interaction can live and match what is expected. The teaching method is a method used by the teacher to convey messages (material) to students (students) or it can be said that the teaching method is the method used by the teacher in order to establish relationships with students during the course of teaching. This type of research is a qualitative field research. Data collection was carried out using the method of observation, interviews, and documentation. Researchers used triangulation to check the validity of the data. The collected research data were then analyzed using data analysis techniques, namely, data reduction techniques, data presentation, and drawing conclusions. The results showed: The teaching of the book ta 'lim muta' allim at Madrasah Ibtidaiyah  used a simple method, namely the teacher reads and explains the meaning of the book ta' lim muta 'allim, while the students listen and take notes and understand them. At Madrasah ibtidaiyah in shaping the attitude of ta'dzim students to teachers by instilling and accustoming students to ta'dzim attitudes to teachers. While the attitude of ta 'dzim is as follows: answering teacher greetings, orderly in class, being polite, listening to explanations from the teacher, shaking hands when going to school and returning home, answering when asked by the teacher, always saying greetings when meeting teachers, keeping names good madrasa alma mater.

Keywords: attitude Ta'zim, learning ta'lim mutaallim,

 

Banyaknya kasus kekerasan yang dilakukan siswa kepada guru dan kurangnya rasa hormat siswa kepada guru, membuat para pendidik dan pengajar harus mempunyai cara agar setiap siswa tidak hanya fokus kepada nilai, tapi juga harus mempunyai rasa hormat kepada guru dengan mempunyai akhlak yang baik. Salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan rasa hormat kepada guru yaitu dengan memberikan materi pembelajaran Ta’lim al’muta’allim ditingkat Madrasah Ibtidaiyah. Dalam kitab Ta‟limul Muta‟allim tersajikan beberapa bentuk uraian yang mengandung tutur kata yang lembut, kisah-kisah atau dongeng syair-syair pada waktu dulu, dimana penyajian yang semacam ini diharapkan bagi siapapun yang mempelajarinya akan mendapatkan kemudahan dalama memahaminya. Dalam interaksi edukasi (proses pembelajaran) metode pembelajaran mempunyai peranan sentral, guru sebagai pendidik, pengajar, pelatih, pembimbing dan penstransfer ilmu yang merupakan subyek untuk menentukan bagaimana agar interaksi tersebut dapat hidup dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Metode pengajaran adalah cara yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pesan (materi) kepada anak didik (siswa) atau dapat dikatakan bahwa metode mengajar adalah cara yang digunakan oleh guru dalam rangka mengadakan hubungan dengan anak didik pada saat berlangsungnya pengajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatatif lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan triangulasi untuk mengecek keabsahan data. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yaitu, teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: Pengajaran kitab ta‟lim muta‟allim di MI Mahadul’mutallimin menggunakan metode yang sederhana  yaitu guru membacakan dan menjelaskan makna kitab ta‟lim muta‟allim, sedangkan murid mendengarkan dan mncatat dan memahaminya. dalam membentuk sikap ta‟dzim siswa kepada guru dengan cara menanamkan dan membiasakan sikap ta‟dzimsiswa kepada guru. Sedangkan sikap ta‟dzimnya sebagai berikut : menjawab salam guru, tertib dalam kelas, bersikap sopan santun, mendengarkan penjelasan dari guru, berjabat tangan saat akan masuk ke sekolah dan saat pulang, menjawab saat ditanya guru,selalu mengucapka salam ketika bertemu guru, menjaga nama baik almamater madrasah.

Kata Kunci: pembelajaran ta’lim mutaallim, sikap ta’zim,

References

DAFTAR PUSTAKA

AhmadmWarson Munawwir, Kamus Al-Munawwir, (Surabaya: PT. Pustaka Progressif, 1997), hal.947.

Dzikri Nirwana, Menjadi Pelajar Muslim Modern Yang Etis dan Kritis Gaya Ta’lim Al-Muta’allim, (Yogyakarta: IAIN Antasari Press, 2014), hal. 03

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20161028164656-20- 168729/murid-ahli-taekwondo-hajar-guru-hingga-babak-belur/ diakses pada tanggal 10 Februari 2017.

http://regional.kompas.com/read/2016/08/11/10493651/orangtua.da n.murid.yang.pukul.guru.di.makassar.jadi.tersangka diakses pada tanggal 10 Februari 2017.

George Terry, Prinsip – Prinsip Manajemen, (Jakarta : Bumi Aksara, 1996), hal 131

Lexy J. Moleong,Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009), hlm. 330

Novan Ardy Wiyani,mPendidikan KaraktermBerbasis Iman dan Taqwa, (Yogyakarta: Teras, 2012), mCet. 1, hal. 90

Said,A.,Sulistiani,I.R.,Program,K.A.,Pendidikan,S.,&Islam,A.(2019).Pengaruh Penguasaan Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Darul Falah Singosari Malang .InVicratina:Jurnal Pendidikan Islam (Vol.4,Issue8). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/3329

Sari,N.,Pitoewas,B.,&Halim,A(2019). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak

Terhadap disiplin dalam melaksanakan tata tertib sekolah di MTs.Jurnal Kultur Demokrasi, 5(2).

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/18395

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), hlm. 62.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif; Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005), Cet. 2, hlm. 2.

Syeikh Az-Zarnuji, Terjemah Ta‟lim Muta‟allim, terj. Abdul Kadir al-Jufri, (Surabaya: Mutiara Ilmu, 2012), hlm. 27.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Firmansyah, F. A. A. (2022). Pembentukan Sikap Taʻẓīm Peserta Didik kepada Guru Pasca Pembelajaran Taʻlīm Al-Mutaʻallim di Tingkat Madrasah Ibtidaiyah. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 79–87. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.98