PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i1.652Keywords:
Hasil Belajar, Picture and PictureAbstract
The aim of this research is to describe the implementation of the Picture and Picture learning model to improve student learning outcomes in the commendable attitude module of the Islamic Education subject at Sadah 2 Galis Public Elementary School in Bangkalan. This research employs Classroom Action Research (CAR) with the Kemmis & Robin Mc. Taggart model, conducted in one cycle consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research are first-grade students, totaling 22 students, with 11 boys and 11 girls. The data collection methods used are observation, interviews, questionnaires, and documentation. The results of the research show that the Picture and Picture learning model can enhance students' attention and learning outcomes in the commendable attitude module. This is evidenced by the percentage of student learning attention completion in the pre-cycle being 27% with an average class score of 65, which then increased in cycle I to 76% with an average class score of 72. There were 5 students who had not completed or had not achieved the Criteria for Educational Objectives (KKTP). The results of cycle I were satisfactory, so the study did not proceed to cycle II.
Keywords : Learning Outcomes, Picture and Picture
Tujuan riset ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran picture and picture agar mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada modul sikap terpuji mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negara Sadah 2 Galis Bangkalan. Riset ini memakai jenis Penelitian Tindakan Kelas( PTK) dengan model Kemmis & Robin Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam 1 siklus, terdiri dari 4 tahapan, yakni perencanaan, implementasi, observasi, refleksi. Subjek dalam riset ini merupakan siswa kelas I yang berjumlah 22 siswa dengan rincian 11 siswa serta 11 siswi. Metode pengumpulan informasi yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, serta dokumentasi. Hasil riset menampilkan kalau model pendidikan picture and picture bisa tingkatkan atensi serta hasil belajar siswa dalam pendidikan modul sikap terpuji. Perihal ini dibuktikan dengan perolehan persentase ketuntasan atensi belajar siswa pada pra siklus sebesar 27% dengan nilai rata- rata kelas sebesar 65, setelah itu bertambah pada siklus I jadi 76% dengan nilai rata- rata kelas sebesar 72. Ada 5 siswa yang belum tuntas ataupun belum menggapai nilai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pendidikan( KKTP). Siklus I menampilkan telah tuntas sehingga tidak dilanjutkan pada sikulus II.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Picture and Picture
References
Abdul Wahid. 2018. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar.”Istiqra` : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam 5(2).
Alifah, Fitriani Nur. 2019. “PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(1):68–86. doi: 10.19109/tadrib.v5i1.2587.
Alifah, Fitriani Nur. 2019. “PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF.” Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5(1):68–86. doi: 10.19109/tadrib.v5i1.2587.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Buchari, Agustini. 2018. “PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 12(2):106–24. doi: 10.30984/jii.v12i2.897.
Chotibuddin, Zainal Aqib &. M. 2018. Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Sleman: Deepublish.
Effendi, Muhamad Ridwan. 2022. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pengantar Gagasan Pendidikan Islam Bagi Generasi Milenial. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Fadjriah, Lia Nasjiatul. 2021. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Pemberian Tugas Belajar Dan Resitasi.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 7(3):687–93. doi: 10.31949/educatio.v7i3.1160.
Kosim, Mohammad. 2021. Pengantar Ilmu Pendidikan. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.
Mahadiansar, Mahadiansar, Khairul Ikhsan, I. Gede Eko Putra Sri Sentanu, and Aspariyana
Aspariyana. 2020. “PARADIGMA PENGEMBANGAN MODEL PEMBANGUNAN NASIONAL DI INDONESIA.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu
Dan Praktek Administrasi 17(1):77–92. doi: 10.31113/jia.v17i1.550.
Muslich, Masnur. 2023. Melaksanakan PTK Itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman
Praktis Bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurdin, Syafruddin. 2016. “GURU PROFESIONAL DAN PENELITIAN TINDAKAN
KELAS.” Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 1(1):1–12. doi:
30983/educative.v1i1.118.
Pandiangan, Anjani Putri Belawati. 2019. Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.
Sanjaya, Wina. 2015. Peneltian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Sopian, Ahmad. 2016. “TUGAS, PERAN, DAN FUNGSI GURU DALAM PENDIDIKAN.” Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah 1(1):88–97. doi: 10.48094/raudhah.v1i1.10.
Susilowati, Dwi. 2018. “PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN.” JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA 2(01). doi: 10.29040/jie.v2i01.175.
Triwiyanto, Teguh. 2014. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zaini, Herman, and Kurnia Dewi. 2017. “PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK
ANAK USIA DINI.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(1):81–96. doi: 10.19109/ra.v1i1.1489.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kacung Wahyudi, Hosni, Heni Listiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.