Pengaruh Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) terhadap Pembelajaran Kelas V SDN Demangan 2 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.10Keywords:
SQ3R methods, learning outcomes, Grade V studentsAbstract
Tujuan dari pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari penggunaan metode sq3r terhadap pembelajaran pada siswa di kelas V di SDN Demangan 2 Bangkalan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana instrumen yang digunakan adalah wawancara, lembar observasi, dan hasil belajar yang diperoleh siswa (kognitif). wawancara dilakukan terhadap wali kelas v, lembar pengamatan untuk mengamati pelaksanaan proses pembelajaran dikelas dan hasil belajar berupa nilai kognitif dengan nilai KKM yaitu 65. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 38 siswa kelas V di SDN Demangan 2. Hasil dari penelitian ini adalah hasil wawancara menunjukan bahwa metode SQ3R membuat siswa lebih banyak memahami materi yang disampaikan guru. Hasil pengamatan menunjukan bahwa metode SQ3R membuat siswa cenderung lebih aktif dan fokus dalam memperhatikan penjelasan guru. Penerapan metode SQ3R memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan presentase 36,84% nilai dibawah nilai KKM. Simpulan dari penelitian yang telah dilakukan adalah metode sq3r memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V di SDN Demangan 2 Bangkalan.
References
DAFTAR PUSTAKA
Atikah I, Prana Dwija Iswara,Nurdinah Hanifah. (2017). Penerapan metode survey, question, read, recite, review (SQ3R) dengan permainan “pos pelangi” untuk meningkatkan kemampuan menyimpulkan isi cerita anak yang dibaca. Program Studi PGSD UPI Kampus Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 2, No 1 (2017).
Halimah A. (2015). Pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. AULADUNA, VOL. 2 NO. 2 DESEMBER 2015: 201-220.
Hutabarat NS, Sheila Fitriana. (2018). Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode SQ3R dengan umpan balik dan metode SQ3R tanpa umpan balik pada pokok bahasan sistem koloid di kelas xi SMA Prayatna Medan. Jurusan Pendidikan Kimia, FKIP UISU, Medan, Indonesia. Journal of Physics and Science Learning Vol. 02 Nomor 1, Juni 2018, ISSN : 2614-0950: 35-43.
Kartika, Gusti Ayu Putu Raka . (2019). Upaya meningkatkan prestasi belajar bahasa daerah bali melalui penerapan model pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, review). SMA Negeri 1 Ubud. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran p-ISSN : 1858-4543 e-ISSN : 2615-6091. JIPP, Volume 3 Nomor 2 Juli 2019: 119-126.
Krismanto,W,Abdul Khalik,dan Sayidiman. (2015). Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui metode survey, question, read, recite, review(SQ3R) pada siswa kelas iv sd negeri 46 parepare. UPP PGSD Parepare Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Jurnal Publikasi Pendidikan |Volume V No 3 September 2015 : 241-242.
Maesaroh,Henny Dewi Koeswanti dan Elvira Hoesein Radia. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Tematik Melalui Penerapan Model SQ3R pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Mangunsari 02 Salatiga. Jurnal Ilmiah Vol. V,No. 2, Juli – Desember 2018 Halaman:191-202
Marat AF, Kasman Rukun. (2019). Pengaruh metode survey, question, read, recite and review (SQ3R) terhadap hasil belajar siswa. Universitas Negeri Padang. VOTEKNIKA Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika. Vol. 7, No. 2, Juni 2019:46-54.
Pujana WA, Wy. Arini, Wawan Sudatha. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap keterampilan membaca pemahaman bahasa indonesia siswa kelas iv. Universitas Pendidikan Ganesha. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)
Putri CA, Semara Putra, Siti Zulaikha. (2014). Pengaruh metode pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas v sd . Universitas Pendidikan Ganesha . e-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014) :
Rahmawati A. (2016). Penerapan SQ3R berbantunan reka cerita gambar untuk meningkatkan pemahaman membaca dan hasil belajar siswa. PGSD UKSW Salatiga. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, Desember 2016: 127 – 13.
Sapitri SD dan Wachidatul Linda Yuhanna. (2017). Implemetasi metode SQ3R (survey, question, read, recite, review) dengan pendekatanscientific inquiry untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar siswa kelas x sma negeri 1 wungu. Universitas PGRI Madiun. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS II, Madiun,30 September 2017 p-ISSN : 9772599121008 e-ISSN : 9772613950003:140-149.
Susanti S, Yulita Dewi Purmintasari, Suwarni. (2015). Pengaruh penerapan metode pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite, and review) terhadap hasil belajar mahasiswa prgram studi pendidikan sejarah ikip pgri Pontianak. Program Studi Pendidikan sejarah IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Edukasi, Vol. 13, No. 1, Juni 2015: 97-104.
Syaikhun,S. (2017). Penggunaan model pembelajaran kooperatif metode survei, question, read, recite, review (SQ3R) untuk meningkatkan hasil belajar pkn pada siswa kelas viii b smp swasta nurul huda al’aziziyyah. SMP Swasta Nurul Huda Al’aziziyah. Jurnal Abulyatama Volume 1, No. 2, Juli 2017: 98-105.