Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Matematika melalui Media Papan Puzzle Pecahan pada Siswa Kelas II SDN Bancaran 3 Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.131Keywords:
improvement, student learning outcomes, fraction puzzle boardAbstract
This study aims to determine the improvement of student learning outcomes using fractional puzzle board media. Based on the results of observations made by researchers at SDN Bancaran 3 Bangkalan, there are problems, namely the media used in learning is still limited, namely using simple theme books and companion books. The method used by the author in this research is the Classroom Action Research (CAR) method and uses the Kemmis and Mc. Taggar method which is carried out in two cycles. Each cycle has four stages, namely planning, action, observation, and reflection. The research site is at SDN Bancaran 3 Bangkalan , with the research subject of class II B students as many as 8 students. The data collection techniques used were tests, observations, and documentation. This study used an instrument in the form of test questions. Based on the results of research data analysis, it showed an increase in student learning outcomes by using the fractional puzzle board media This can be seen from the results of tests carried out by students in each cycle, in cycle I students get an average pre-test of 45% and post-test of 60%. In cycle II students get an average of pre-test of 75% and post-test 93.75%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media papan puzzle pecahan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SDN Bancaran 3 Bangkalan, terdapat permasalahan yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran masih terbatas yakni menggunakan buku tema dan buku pendamping yang sederhana. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK dan menggunakan metode Kemmis dan Mc. Taggar yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tempat penelitian di SDN Bancaran 3 Bangkalan, dengan subjek penelitian siswa kelas II B sebanyak 8 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan instrument berupa soal tes. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media papan puzzle pecahan. Hal ini dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I siswa mendapatkan rata-rata pre-test 45% dan post-test 60%. Pada siklus II siswa mendapatkan rata-rata pre-test 75% dan post-test 93,75%.
References
Anitah, Sri. 2014. Media Pembelajaran. Surakarta: UNS PRESS.
Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Darsinah. 2013. Perkembangan Kognitif. Surakarta: Qinant
Hamalik, Oemar.2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Pustaka Setia
Suryosubroto, dkk. 2015. Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Subarinah, Sri.2018. Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas.
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensisndo.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Wardhani. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Pusat Bahan Ajar dan Elearning Universitas Mercu Buana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Izzatul Jannah, Agung Setyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.