Dampak Covid 19 Terhadap Proses Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar NU Grenden Puger Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.100Keywords:
Covid-19, online learning, Elementary SchoolAbstract
Covid-19 merupakan hal baru yang muncul ditengah-tengah kita, yakni sebuah virus yang tidak terlihat namun sangat meresahkan masyarakat, virus ini memberi dampak buruk dalam semua hal mulai dari pendidikan, ibadah, ekonomi. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui dampak covid dan penyelsaiannya dalam pembelajaran siswa SDNU Grenden Puger selama pandemi ini, yang mana proses pembelajaran dilakukan secara online dirumah masing-masing akan tetapi dalam seminggu sekali siswa mengumpulkan tugas ke sekolah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskrptif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data primer dihasilkan dari hasil terjun lapang langsung yakni proses observasi, wawancara dan juga dokumentasi dicantumkan pada point pembahasan. Sedangkan metode analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan keabsahan data yaitu: trianggulasi sumber, trianggulasi metode dan trianggulasi teori. Hasil penelitiannya ini menunjukkan bahwa: Persmaslahan yang dihadapi murid dalam pembelajaran masa pandemi: (1) tidak adanya sarana prasarana atau fasilitas seperti handphone, computer dll (bagi beberapa peserta didik). (2) Kurangnya pemahaman tentang teknologi. (3) Perlu adanya adaptasi baru dengan belajar online. (4) Rasa malas, bosan dan jenuh sudah dialami. Kendala yang dihapi orang tua murid masa pembelajaran daring yaitu: (1) Kurang paham dalam teknologi ketika anaknya bertanya terkait aplikasi belajar online. (2) Pemebelian kuota bertambah dari biasanya. (3) Sulit mengajak anak untuk sekolah online. Sednagkan kendala yang di hadpi guru pada masa Pndemi Covid-19 yaitu: (1) Tidak leluasa dalam mengajar, (2) sarana belajar yang kurang memedai, (3) Sulit nya memantau perkembangan peserta didik.
kata kunci: covid-19, pembelajaran daring, sekolah dasar
Covid-19 is a new thing that has emerged in our midst, which is a virus that is invisible but very unsettling for the community, this virus has a negative impact on everything from education, worship, to the economy. The purpose of writing this article is to determine the impact of covid and its resolution in the learning of SDNU Grenden Puger students during this pandemic, in which the learning process is carried out online at their respective homes but once a week students collect assignments to school. This research method uses descriptive qualitative approach and type of case study research. Primary data collection methods resulted from direct field work, namely the process of observation, interviews and documentation included in the discussion points. Meanwhile, the data analysis methods of Miles and Huberman's model are data reduction, data display, and conclusion or verification. While the validity of the data were: source triangulation, method triangulation and theory triangulation. The results of this research indicate that: The problems faced by students in learning during the pandemic: (1) the absence of infrastructure or facilities such as cellphones, computers, etc. (for some students). (2) Lack of understanding of technology. (3) There needs to be a new adaptation with online learning. (4) Feelings of laziness, boredom and boredom have been experienced. The obstacles faced by parents of students during online learning are: (1) They do not understand technology when their children ask questions regarding online learning applications. (2) Purchasing quotas increases than usual. (3) Difficult to get children to go to school online. Meanwhile, the obstacles faced by teachers during the Covid-19 epidemic were: (1) Not flexible in teaching, (2) inadequate learning facilities, (3) It was difficult to monitor the development of students.
keywords: covid-19, online learning, elementary school
References
Agus Purwanto, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Priyono Budi Santoso, Laksmi Mayasti Wijayanti, Choi Chi Hyun, dan Ratna Setyowati Putri. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID 19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar, (Journal of Education, Psycology and Conseling, Vol.2 No.1 2020, Universitas Pelita Harapan Indonesia.
Aji, Rizqon Halal Syah. (2020). Dampak Covid 19 pada Pendidikan Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajara, (Jurnal Sosial&Budaya, Vol.7 No.5, Sekolah Ilmu Ekonomi Universitas Kebangsaan Malaysia).
Ardianto, Yoni. (2019). Memahami Metode Penelitian Kualitatif, (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html )
Bramasta, Dandy Bayu. (2020). Hari Pendidikan Nasional dan Solusi Belajar di Tengah Pandemi Corona, (https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/02/151400565/hari-pendidikan-nasional-dan-solusi-belajar-di-tengah-pandemi-corona-?page=all ).
Dewi, Wahyu Aji Fatma, Dampak Covid 19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, (Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2 No. 1, Universitas Kristen Satya Wacana), hal. 56
Dzulfaroh, Ahmad Naufal. (2020). Bertambah 3 Gejala Baru, Ini Daftar 11 Gejala Covid-19 Dari CDC, Kompas.com 26 Juni. (https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/26/122424165/bertambah-3-gejala-baru-ini-daftar-11-gejala-covid-19-dari-cdc?page=all )
Hariyanti, Mey. (2018). Analisis Data Kualitatif Miles Dan Huberman, Psikologi UIN Maliki Malang, 28 Mei. (https://www.kompasiana.com/meykurniawan/analisis-data-kualitatif-miles-dan-hubermen_556c450057937332048b456c )
Heriyansyah. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah, (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1 No.1, Januari.
Milles dan Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.
SK Bupati Jember, Dr. Faida, MMR, Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, (Jember, 29 Mei 2020).