Penggunaan Teknologi Internet dalam Proses Pembelajaran Matematika Sekolah Dasa di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.90Keywords:
covid-19 pandemic, internet technology, math learningAbstract
Elementary school students have entered certain operational stages, so they need a media that can master various existing concepts. Mathematics appears to be an abstract subject. Learning mathematics requires specific objects and explanations from the teacher. The existence of this corona virus outbreak allows people to learn online, including learning mathematics. The purpose of this study is to describe the process of learning mathematics using internet technology during the corona virus pandemic and to describe the impact of online or online learning during the corona virus pandemic. This research method is a qualitative method using interviews and literature research. The result of this research is that the mathematics learning process is carried out online or called online in various schools, and some still require parents to bring their child's assignments to school. although it has maximized the use of the internet in the learning process. In this pandemic, both teachers, students and parents feel various influences during online learning, some of which are positive or negative.
Keywords : covid-19 pandemic, internet technology, math learning
Peserta didik sekolah dasar sudah memasuki tahapan operasi tertentu, sehingga membutuhkan suatu media yang dapat menguasai berbagai konsep yang ada. Matematika tampaknya menjadi salah satu mata pelajaran yang abstrak. Pembelajaran matematika membutuhkan objek dan penjelasan khusus dari guru. Adanya wabah virus corona ini memungkinkan masyarakat belajar secara online, tak terkecuali belajar mata pelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan pemanfaatan teknologi internet pada masa pandemi virus corona dan mendeskripsikan dampak adanya pembelajaran online atau daring pada saat pandemi virus corona ini. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan wawancara dan penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika dilakukan secara online atau disebut daring di berbagai sekolah, dan beberapa masih mewajibkan orang tua untuk membawa tugas anaknya ke sekolah. meskipun telah memaksimalkan penggunaan internet dalam proses pembelajaran. Dalam pandemi ini, baik itu guru, siswa, dan orang tua tentu merasakan berbagai pengaruh selama pembelajaran online, beberapa di antaranya positif atau negatif.
Kata Kunci : pandemi covid-19, teknologi internet, pembelajaran matematika
References
Rahmania, Annisa dkk. Internet Sehat. Depok : Penebar Plus.
Shirky, Clay. (1995). Internet Lewat E-Mail. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Depdiknas. (2003). Pembelajaran Matematika. Jakarta : Depdiknas.
Dimyati, dan Mujiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Anggawirya, Erhans. Internet. Cirebon : PT Ercontara Rajawali.
Iskandar. (2009). Panduan Lengkap Internet. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Enterprise, Jubilee. (2010). Panduan Memilih Koneksi Internet untuk Pemula. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sidharta, Lani. (1996). Internet : Informasi Bebas Hambatan 2. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Nolden, Mathias. (1996). World Wide Web di Internet. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Gatoto, Muksetyo dkk. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Universitas terbuka.
Suwangsih dan Tiurlina. (2006). Pembelajaran Matematikan. Bandung : UPI press.
Wiryanto. (2019). Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian. Proses Pembelajaran di SD di Tengah Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Surabaya., 6(2).
A. Rozi, Zaenal. (2008). Computer Started Guide Mari Mengenal Internet. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Rahmad, Dede dkk. (2020). Jurnal Presepektif Ilmu Pendidikan. Kemandirian Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. 34(2).
Hamzah. (2007). Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Isrok’atun dkk. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Intergatif Melalui Situation-Based Learning. Sumedang : UPI Sumedang Press.
Handayani, Oktafia Ika. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3).
Prihandoko. (2006). Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Secara Benar dan Menarik. Jakarta : Dediknas.
Yuhelizar. (2008). 10 Jam Menguasai Internet Teknologi dan Aplikasinya. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.