Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Dalam Pembuatan Vidio Pembelajaran Kreatif di SDN 22 Talamau Pada Kelas 4 SD Pada Masa Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.119Keywords:
learning, media, pandemic, pembelajaran, pandemiAbstract
Along with the development of the times, the world is increasingly vociferous in life, especially in the field of technology, where many people use or many are already dependent on this technology, even work and education have been done with technology, especially in the current covid 19 pandemic conditions all workers, schools and even lectures are done by using online or remotely. The process of teaching and learning that should be done face-to-face must be diverted with online systems or distance learning, and where the tools used for the continuity of teaching and learning activities are smartphones, leptop and other communication tools that can be used for distance learning or online. Learning during the current pandemic uses many applications and uses smartphones to carry out learning activities carried out where learning activities are carried out to help students in lessons in the classroom.
Keywords: Learning, Media, pandemic.
Seiring berkembangnya zaman,dunia semakin gencar akan kehidupan terutama dalam bidang teknologi,dimana manusia banyak yang menggunakan atau banyak yang sudah ketergantungan dengan teknologi ini,bahkan pekerjaan dan juga pendidikan sudah dilakukan dengan teknologi,apalagi dalam kondisi pandemi covid 19 saat ini semua pekerjaa,sekolah bahkan perkuliahan dilakukan dengan menggunalkan daring atau jarak jauh. Proses belajar mengajar yang seharusnya dilakukan dengan tatap muka harus dialihkan dengan sistem daring atau pembelajaran jarak jauh,dan dimana alat yang digunakan untuk kelangsungan kegiatan belajar mengajar adalah smartphone,leptop dan alat komunikasi lainnya yang bisa digunakan untuk pembelajaran jarak jauh atau daring. Pembelajaran pada masa pandemi saat ini banyak menggunkan aplikasi dan memanfaatkan smartphone untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dimana kegiatan pembelajaran yang dilakukan ini mampu membantu siswa dalam pelajaran didalam kelas.
Kata Kunci: Pembelajaran, Media, pandemic.
References
Agarina, M., Suryadi, A., & Septarina, L. (2021). Pelatihan Pembuatan Dan Editing Video Pembelajaran Daring Dengan Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Bagi Guru SDIT di Lampung. 7–12.
Arifin, H. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Chovid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Widya Balina, 53(9), 1689–1699.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Chandra, F., Fitriani, N., & Enrekang, U. M. (2021). Proses Pembelajaran Selama Masa Pandami Covid 19. Maspul Journal of Community Empowerment, 3, 21–26.
Dermawan, O. (2018). Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Slb. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 886–897. https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206
Handayani, L. (2020). Keuntungan , Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Sunu Utama, 1(2), 16.
Hariawan, I. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Grup Investigation (GI) Berbantuan Vidio Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1–16. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i1.406
Heningtyas, M. A. (2014). Peran Pemerintah Dan Masyarakat Dalam Upaya Pengembangan Pendidikan Nonformal (Studi Kasus: Eksistensi “Kampung Inggris” Kabupaten Kediri). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 2(2), 264–268.
Kadir, abdul. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20
Khairunisa Rani, Rafikayati, A., & Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55–64. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1636
Lailiyatul Iftitah, S., & Faridhatul Anawaty, M. (2020). Peran orang tua dalam mendampingi anak di rumah selama pandemi covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 4(2), 71–81.
Murti, S. dan heryanto. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan Https://Jurnal.Unibrah.Ac.Id/Index.Php/JIWP, 6(3), 295–307. https://doi.org/10.5281/zenodo.3737983
Ngerti, T. N., Smp, S., & Covid-, M. P. (2020). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Pendamping IPA Terpadu Berbasis. 4(November), 172–177.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2020). Peran Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus (Autis) Sekolah Dasar Selama Masa Covid-19. Jurnal Sekolah PGSD FIP UNMED, 5(1), 133–142.
Pujiasih, E. (2020). Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 42–48. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Purnawati, L., Damayani, A. T., & . K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Macam-Macam Gaya. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 64–72. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17322
Purwanti, K. L. (2016). Perbedaan Gender Terhadap Kemampuan Otak Kanan Pada Siswa. Jurnal Sawwa, 9(1), 107–121.
Ratrie Desningrum, D. (2007). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Depdiknas, 1–149.
Rezieka, D. G. (2019). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. 40–53.
Rifqiyati, Lusi Andriyani, Arief Fitrijantio, F. H. (2020). Efektifitas Pembelajaran Islam Melalui Whassap Group. 1, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/8773/5138
Rofifah, D. (2020). UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN TEKNOLOGI GURU SMK NEGERI DARANG DAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MULTI METODE. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 4(8), 12–26.
Sari, S. L., Widyanto, A., & Kamal, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi dalam Smartphone pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biotik, 4(1), 476–485.
Setemen, K. (2010). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 207–214.
Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48–56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347
Suud, F. M. (2017). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak (Analisis Psikologi Pendidikan Islam). Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(2), 227–253.
Ulva, M., & Amalia, R. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusif. Journal on Teacher Education, 1(2), 9–19. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.512
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462
Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91. https://doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816
Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. Buana Ilmu, 4(2), 99–112. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fadhila Astriani, Adam Mudinillah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.