PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI ENERGI BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DI MI NURUL ISLAM KALIBENDO

Authors

  • Annida Zulfia Hanum UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayogo UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i2.172

Keywords:

Metode Eksperimen, IPA, Energi Bunyi, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in student learning activity through the experimental method in the science subject on sound energy. This research was conducted at MI Nurul Islam Kalibendo consisting of 26 students, 10 male students and 16 female students. This research uses descriptive research with a qualitative approach. The data collected was analyzed descriptively qualitatively. The conclusion from this study is that the application of experimental learning can increase student learning activities in learning which has an impact on improving student learning outcomes as well. The things that support the increase in student activity are teachers who are more proficient in experimental learning on sound energy material so that they can explain, direct, and guide students well. Student learning activities increased, which was initially quite good.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui metode eksperimen pada mata pelajaran IPA materi energi bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Islam Kalibendo yang terdiri dari 26 siswa, 10 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, penerapan pembelajaran eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa pula. Hal-hal yang mendukung peningkatan aktivitas siswa adalah guru lebih menguasai pembelajaran eksperimen pada materi energi bunyi sehingga dapat menjelaskan, mengarahkan, dan membimbing siswa dengan baik. Aktivitas belajar siswa meningkat yang semula cukup menjadi baik

References

Abimanyu Soli, et.al. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Ahmad Rijali. “Analisis Data Kualitatif” Jurnal Alhadharah.2018

Depdiknas., (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Nurdyansyah, N. (2015). “Model Social Reconstruction Sebagai Pendidikan Anti– Korupsi Pada Pelajaran Tematik di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah 1 Pare”. Halaqa, 14(1), 2.

Nurdyansyah, N. (2016). “Developing ICT-Based Learning Model to Improve Learning Outcomes IPA of SD Fish Market in Sidoarjo”. Jurnal TEKPEN, 1(2). Terbitan 2, 929-930.

Nurdyansyah, N. (2017). “Integration of Islamic Values in Elementary School”. Atlantis Press. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), volume 125

Roestiyah, N.K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudrajat. (2108). “ Penggunaan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Siswa Tentang Pengaruh Kegiatan Manusia Terhadap Keseimbangan Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VI SD Negeri 4 Imbanagara Raya Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis”, Jurnal PETIK Volume 4, Nomor 1, Maret.

Downloads

Published

2022-12-26

How to Cite

Hanum, A. Z., & Prayogo, M. S. . (2022). PENINGKATAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI ENERGI BUNYI MELALUI METODE EKSPERIMEN DI MI NURUL ISLAM KALIBENDO. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 105–112. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i2.172