PENGEMBANGAN METODE PEMBELAJARAN SYLLABLE GAME INTO WORD PADA PEMBELAJARAN MEMBACA KELAS I SEKOLAH DASAR

DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v6i1.839Keywords:
Pengembangan Metode, Membaca Awal , Syllable Game, Kelas 1 SDAbstract
ABSTRACT
Initial observations revealed that many first-grade students at SDN Sebani Sumobito Jombang had difficulties reading syllables and complete words. This issue stems from monotonous teaching methods and a lack of media suited to the characteristics of young learners. This study aims to develop the Syllable Game Into Word instructional method for early reading materials in Indonesian language learning. The research employed the ADDIE development model, consisting of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation stages. The product developed was a game-based learning method accompanied by a user guidebook. Validation by method experts showed a feasibility score of 91.6%, and language experts rated it at 87.5%, both categorized as “very feasible.” Field trials involving 23 first-grade students indicated a 92.6% increase in reading interest. Teachers also responded positively to the implementation of this method. The results suggest that Syllable Game Into Word is suitable to be used as an innovative instructional alternative to address early reading difficulties in lower primary school students.
Keywords: Method development, early reading, syllable game, first-grade elementary school
ABSTRAK
Observasi awal menunjukkan banyak siswa kelas I di SDN Sebani Sumobito Jombang mengalami kesulitan dalam membaca suku kata dan kata utuh. Hal ini disebabkan metode pembelajaran yang monoton dan kurangnya media yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran Syllable Game Into Word pada materi membaca permulaan di pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan R&D model ADDIE, yang mencakup tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Produk yang dikembangkan berupa metode pembelajaran berbasis permainan disertai buku panduan. Hasil validasi ahli metode menunjukkan tingkat kelayakan 91,6% dan validasi ahli bahasa 87,5%, keduanya termasuk kategori “sangat layak.” Uji coba lapangan melibatkan 23 siswa kelas I dan menunjukkan peningkatan minat membaca sebesar 92,6%. Guru juga memberikan respon sangat positif terhadap penerapan metode ini. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode Syllable Game Into Word layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran inovatif untuk mengatasi kesulitan membaca permulaan di kelas awal sekolah dasar.
Kata Kunci: Pengembangan metode, membaca awal, syllable game, kelas I SD
References
Ali, Muhammad. 2020. “PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DAN SASTRA (BASASTRA) DI SEKOLAH DASAR” 3 (1): 35–44.
Furoidah, Raden Roro Fashihah dan Rohinah. 2019. “Implementasi Metode Suku Kata ( Syllabic Method ) Dalam Pembiasaan Membaca Awal Anak Usia Dini Di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al- Muthi ’ in Banguntapan” 4:515–26.
Hamidah Mujaddidah, Erna Suwangsih, and Neneng Sri Wulan. 2023. “Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Berbantuan Aplikasi Marbel Membaca Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9 (04): 226–35. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1638.
Harianto, Erwin. “Keterampilan Membaca Dalam Pembelajaran Bahasa” 9, no. 1 (2020): 1–8.
Maulidina, Mochammad, Susilaningsih Susilaningsih, and Zainul Abidin. 2018. “Pengembangan Game Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.” JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 4 (2): 113–18. https://doi.org/10.17977/um031v4i22018p113.
Mubin, Minahul, and Sherif Juniar Aryanto. 2024. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3 (03): 554–59. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429.
Nurani, Riga Zahara, Fajar Nugraha, and Hatma Heris Mahendra. 2021. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5 (3): 1462–70. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pitri, Enjelina, Simamora Nanda, Claudia Pardede, and Safinatul Hasanah. 2024. “Peran Keterampilan Membaca Dalam Membentuk Keterampilan Menulis” 2 (1): 385–94.
Suyadi, Suyadi, and Riska Putri Sari. 2021. “Penggunaan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 009 Tarakan.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 5 (2): 174. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.49800.
Tutut Hilda Rahma, and Memonah. 2022. “Tutut Hilda Rahma |Memonah |Kemampuan Membaca Anak Kelas 1 Dalam Perspektif Teori Kognitif Vygotsky| 183.” Juni 2 (1): 183–92.
Tyasmaning, Endang. “Model Dan Metode Pembelajaran.” In Computer Physics Communications, 1–52. Malang: Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 nur fatma fairuzzia, Hartono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.