PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK KELAS IV BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA PEMEBELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 JEMBRANA BALI

Authors

  • Dwi Nazila Ulfa UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Muhammad Suwignyo Prayogo UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.410

Keywords:

Bahan Ajar E-Book, Flip PDF Professional, Pembelajaran Tematik

Abstract

This study aims to obtain an e-book teaching material product based on Flip PDF Professional. The research method used is research and development (R&D) with the ADDIE model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subject of this study is an assessment questionnaire by an expert validator (teaching materials, materials, language) using a validation questionnaire, and user expert questionnaires (class teachers) as well as student response assessment questionnaires. According to the results of research and development by obtaining percentages from experts including: teaching materials experts 96.66%, material experts 93.18%, language experts 87.50%, and users (class teachers) 96.59%. So it can be concluded that it is very valid to use in learning. The results of a small-scale trial on 5 students obtained a percentage of 97% and a large-scale test on 25 students obtained a percentage of 96%. as well as on the post test 92 which is greater than the results of the pre test 72. so that it can be concluded that in terms of readability and attractiveness the Flip PDF Professional based e-book is very interesting and very suitable for use in learning.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh suatu produk materi ajar ajar e-book yang berbasis Flip PDF Professional. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementasi (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dari penelitian ini merupakan angket penilaian oleh validator ahli (bahan ajar, materi, bahasa) dengan menggunakan angket validasi, dan angket ahli pengguna (guru kelas) serta angket penilaian respons siswa. Menurut hasil penelitian dan pengembangan dengan memperoleh presentase dari ahli diantaranya: ahli bahan ajar 96,66%, ahli materi 93,18%, ahli bahasa 87,50%, serta pengguna (guru kelas) sebesar 96,59%. Maka dapat disimpulkan sangat valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba skala kecil pada 5 siswa memperoleh hasil presentase sebesar 97% dan uji skala besar pada 25 siswa memperoleh presentase sebesar 96%, serta pada Uji post test 92 yang mana lebih besar dari hasil pre test 72. sehingga dapat disimpulkan dalam hal keterbacaan dan kemenarikan e-book berbasis Flip PDF Professional sangat menarik dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

References

Akbar, Sa’dun., Instrumen Perangkat Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Al-Bulushi, Ali H. dan Sameh Said Ismail, “Developing an Online Pre-Service Student Teaching System Using ADDIE Approach ia a Middle Eastern University, “Theory and Practice in Languange Student 7, no. 2, 2017.

Anggarini, Mustika, S.P.d.I., M.P.d, diwawancarai oleh Penulis, Cupel-Jembrana, 29 September 2022.

F. Putri, N. A., & Rachmadiarti, “ Pengembangan E-Book Berbaisis Inkuiri Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA., ’ Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdut) 11, no. 1 (2022).

Gunadharma, Ananda., Pengembangan Modul Elektronik Sebagai Sumber Belajar untuk Mata Kuliah Multimedia Design, Jurnal Skripsi, Jakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta.

Gunawan, Dedi., Modul Pembelajaran Interaktif Elektronik Dasar untuk Program Keahlian teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Menggunakan Macromedia Flash 8, Jurnal Komuniti, Vol.2, No 1, Juni 2010, Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Surakarta.

H. Putra, R. R., & Fitrihidajati, “Validitas E-Book Terintegrasi Hands On Minds On (Homo) Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA.,’ Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdut) 11, no. 1 2022.

Harnieti, “Pentingnya Bahan Ajar Saat Mengajar,” PENTINGNYA BAHAN AJAR SAAT MENGAJAR (gurusiana.id) (diakses pada tanggal 15 April 2023).

Khusnia, A., & Susantini, “ Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif siswa Kelas X SMA.,” BioEdu 7, no 2 (2018): 105-112.

MI Negeri 4 Jembrana, “Hasil Pre test Post test Siswa Kelas IV C MI Negeri 4 Jembrana,” 31 Januari 2023.

Oktavinora, Rita., “Kevalidan Pengembangan Modul Elektronik Persamaan Diferensial Berbasis Software Flifbook Maker Html pada Goole Classrom di Fkip Ummy Solok”, Vol.7 No.1, Januari 2022.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indoensia, Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Pornamasari, Evi Intan., Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantu Flipbook Maker dengan Model Pembelajaran Numberred Heads Together (NHT) Berbasis Teori Vygotsky Materi Pokok Relasi dan Fungsi.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”, Bandung: Alfabeta, 2018.

Sumantri, Faradela nab., and Abd. Khaliq, “Pengembangan ELS-3D e-book Literasi sains Berbasis 3D Page Flip, Pada Materi Momentum Dan Impuls,” IPF : Inovasi Pendidikan Fisika 09, no. 03 (2020): 479-83.

Tim Penyusun, “Pedoman Penulisan Karya Ilmiah”, Jember: IAIN Jember.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Dwi Nazila Ulfa, & Muhammad Suwignyo Prayogo. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-BOOK KELAS IV BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA PEMEBELAJARAN TEMATIK MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 JEMBRANA BALI. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 29–39. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.410