PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS KELAS V SDN 21 LIMBOTO

Authors

  • Anisa Lakoro IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Dewi Darmiyani Napu IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Herson Anwar IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.677

Keywords:

Kemampuan Berfikir Kritis, Kooperatif Tipe STAD, Materi IPA

Abstract

ABSTRACT
This research aims to improve students' critical thinking skills in the science  subject of the human digestive system. This research is a type of classroom action research conducted through several stages consisting of pre-cycle, cycle I, and cycle II. The research subjects were 24 fifth-grade students. The instruments used in this research were observation and tests. Observations and tests were conducted during the learning process using observation sheets and test questions. The data analysis technique was qualitative, by analyzing the data collected from the observation sheets in the form of percentages. The results of the study showed that the average percentage of students' critical thinking skills increased from cycle I to cycle II, from 61.97% which was categorized as low to 78.12% which was categorized as moderate, and from cycle II to the final test, from 78.12% which was categorized as moderate to 87.50% which was categorized as high. This was done by updating the cases in the student worksheets for each cycle. Therefore, in general, it can be said that there was an increase in critical thinking skills after the implementation of the Student Teams Achievement Divisions (STAD) Cooperative Learning Model in grade 5 of SDN 21 Limboto. Therefore, it is recommended that other parties conduct similar research on other materials as a comparison with the results of this study.


Keywords:Critical Thinking Ability, STAD Type Cooperative, Science Material


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA sistem pencernaan pada manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui beberapa tahapan yang terdiri dari prasiklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini siswa kelas V yang
berjumlah 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Observasi dan tes dilakukan selama pembelajaran berlangsung dengan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data yaitu kualitatif, dengan cara data yang terkumpul dari lembar observasi dianalisis dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 61,97% yang tergolong dalam kategori rendah menjadi 78,12% yang tergolong dalam kategori sedang, dan dari siklus II ke tes akhir yaitu dari 78,12% yang tergololong dalam kategori sedang menjadi 87,50% yang tergolong dalam kategori tinggi. Hal tersebut dilakukan dengan cara setiap siklus melakukan pembaharuan kasus pada LKPD. Jadi, secara umum dapat dikatakan bahwa adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas V SDN 21 Limboto. Maka dengan itu, disarankan kepada pihak lain untuk melakukan penelitian yang sama pada materi lain sebagai bahan perbandingan dengan hasil penelitian ini.


Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis, Kooperatif Tipe STAD, Materi IPA 

 

References

Andraini, D. I., & Supriyono. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Tema Keperluan Sehari-Hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(01), 1–9.

Arifa, N. M. (2022). Peran, Hak, Dan Kewajiban Seorang Guru. Osf. Https://Doi.Org/10.31237/Osf.Io/E95xr

Artiwi, N. P. M., & Suwatra, I. I. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ipa Indonesia, 9(3), 104–111.

Azka, M. Z., Masrukan, M., & Asih, T. S. N. (2024). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Model Problem Based Learning Dengan Asesmen Dinamis Berpendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V8i2.3255

Barokah, S., Badarudin, & Eka, K. I. (2020). Penggunaan Pembelajaran STAD Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sd. Urnal Mimbar Ilmu, 25(1), 149–161.

Elsabrina, U. R., Hanggara, G. S., & Sancaya, S. A. (2022). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Creative Problem Solving. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (Kkn), 2, 502–514.

Hakim, M. K. Bin A., Marzuq, A., & Ilham, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Di Mts Attaqwa 06 Bekasi. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 25–35.

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru Yang Profesional. Syiah Kuala University Press.

Mu’allimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik. Ganding Pustaka.

Murthada, & Sulubara, S. M. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Di Smp It Muhammadiyah Takengon. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 47–54.

Salim Nahdi, D., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9. Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V4i2.1050

Sudarsana, I. K. G. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Development, 2(1), 176–186.

Sulistiani, E. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan Mea. Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang 2016, Semarang.

Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran Mi. Jurnal Papeda, 4(1), 17–23. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V4i1.1754

Zubaidah, S. (2010). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Yang Dapat Dikembangkan Melalui Pembelajaran Sains. Researchgate. Seminar Nasional Sains 2010 Dengan Tema “Optimalisasi Sains Untuk Memberdayakan Manusia,” Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_Yang_Dapat_Dikembangkan_Melalui_Pembelajaran_Sains

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Lakoro, A., Napu, D. D., & Anwar, H. (2024). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS KELAS V SDN 21 LIMBOTO . AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), `176–187. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.677