Perkembangan Anak Sekolah Dasar dalam Aspek Psikologi

DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i1.691Keywords:
Perkembangan, psikologi, sekolah dasarAbstract
ABSTRACT
This article aims to analyze seven aspects of development in primary school children using descriptive qualitative methods. Data were obtained through interviews with eight sixth grade students at MI 2 Darussalam. This research analyzes seven aspects of primary school children's development, namely physical, cognitive, social-emotional, moral, religious, art, and language, based on the study of relevant theories. The results showed that these seven aspects significantly influenced the teaching and learning process in the classroom. In addition, the study found that children's development is not only influenced by genetic factors, but also by the family environment and the social environment in which children hang out. Therefore, the role of parents is crucial in monitoring and supporting children's development in all these aspects to ensure they grow into high achieving individuals. With a deep understanding of the factors that influence children's development, it is hoped that parents and educators can create an environment that is conducive to children's optimal development.
Keywords: Psychology, Development, Primary School
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tujuh aspek perkembangan pada anak sekolah dasar dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara dengan delapan siswa kelas enam di MI 2 Darussalam. Penelitian ini menganalisis tujuh aspek perkembangan anak sekolah dasar, yaitu fisik, kognitif, sosial-emosional, moral, agama, seni, dan bahasa, berdasarkan kajian teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketujuh aspek tersebut secara signifikan mempengaruhi proses belajar-mengajar di kelas. Selain itu, penelitian menemukan bahwa perkembangan anak tidak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik, tetapi juga oleh lingkungan keluarga dan lingkungan sosial tempat anak bergaul. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam memantau dan mendukung perkembangan anak di semua aspek ini untuk memastikan mereka tumbuh menjadi individu yang berprestasi. Dengan pemahaman yang mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, diharapkan orang tua dan pendidik dapat menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan optimal anak-anak.
Kata Kunci:Psikologi, Perkembangan, Sekolah dasar
References
Afitska, O., & Said, N. E. M. (2022). Meeting the Needs of Learners with Specific Learning Difficulties in Online and Face-to-Face Language Classrooms: Teacher Beliefs and Practices. Center for Educational Policy Studies Journal, 12(4), 75–100. https://doi.org/10.26529/cepsj.1453
Alwina, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar. 5(04), 18–25.
Astuti. (2021). Manajemen Peserta Didik. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 134.
Astuti, E. W., Afifah, N., & Rouzi, K. S. (2021). Nilai – Nilai Pendidikan Karakter dalam Film Doraemon Serta Relevansinya dengan Psikologi Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. 1(1).
Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Anjasari, T., & Janti, S. A. (2023). Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam PenerapanTeori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 113–128. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara
Azizi, M. K., & Shafrizal, A. (2022). Merdeka Belajar Dalam Sudut Pandang Teori Belajar Konstruktivisme dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 796–803. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5321
Basri, H. (n.d.). Kemampuan kognitif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran ilmu sosial bagi siswa sekolah dasar. 1–9.
Damayanti, E., Meizara, E., Dewi, P., & Putri, R. N. (2022). KESIAPAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR ( Tinjauan Psikologi Perkembangan dan Pendidikan ) READINESS OF CHILDREN TO ATTEND ELEMENTARY SCHOOL ( Overview of Developmental and Educational Psychology ). 2(1), 58–73.
Marsari, H. (2021). Perkembangan Emosi Anak Usia Sekolah Dasar. 5, 1816–1822.
Murni, I., Dasar, P. P., Pascasarjana, P., Negeri, U., Murni, I., Dasar, P. P., Pascasarjana, P., & Negeri, U. (2019). Fase dan tugas perkembangan anak sekolah dasar. VII(1), 51–59.
Nurfadhillah, S., Septiarini, A. A., Mitami, M., & Pratiwi, D. I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Slow Learner di Sekolah Dasar Negeri Cipete 4. Alsys, 2(6), 646–660. https://doi.org/10.58578/alsys.v2i6.623
Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186
Papanthymou, A., & Darra, M. (2022). Perceptions of Primary School Teachers Regarding the Implementation of Differentiated Instruction to Students with Learning Difficulties. World Journal of Education, 12(5), 19. https://doi.org/10.5430/wje.v12n5p19
Permatasari, C., Lubis, L. B., Amelia, Z., & Wanda, K. (2023). The Impact of Bullying on Self Confidence Primary School Students. Asian Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 1(2), 57–61. https://journal.berpusi.co.id/index.php/Ajomra/article/view/527
Pratiwi, W. (2018). Kesiapan anak usia dini memasuki sekolah dasar. 6, 1–13.
Purnamasari, M., & Na’imah. (2020). PERAN PENDIDIK DALAM KONSEP PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. 4(2), 295–303.
Ramadhan, F. A., & Usriyah, L. (2021). Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural pada Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.114
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Teoh, G. B. S., & Liau, A. W. L. (2023). Distance Learners’ Emotional Intelligence and Perceptions of Their Situational Barriers in Learning English. Turkish Online Journal of Distance Education, 24(2), 120–144. https://doi.org/10.17718/tojde.1048366
Wiresti, R. D. (2020). Aulad : Journal on Early Childhood Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. 3(1), 36–43. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.53
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Yeni Kurnia Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.