PELAKSANAAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DARI PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR

Authors

  •   Eva Nur Khofifah   UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember

  Keywords:

teori belajar, Psikologi, konstruktivisme

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this article is to find out the application of constructivist theory in elementary school children's learning. The method used is library research with a qualitative approach. This article discusses the application and implications of constructivism learning theory in primary school education, emphasizing the importance of approaches that make students active. Learning constructivism is a philosophy based on the idea that individual knowledge is formed through mental activity supported by learning experiences. Learning should take place in partnership with students actively seeking knowledge, with teachers as facilitators who stimulate their interest in learning. The main objective is to promote learning in the era of globalization. The results show that the use of media and the 5M learning model, as well as the impact of constructivist theory, make students more active and teachers more innovative as facilitators, so that educational goals can be achieved optimally. In summary, constructivist theory is very effectively applied in learning, as it provides opportunities for students to expand knowledge independently.

 

Keywords: Psychology, constructivism, Learning Theory

 

ABSTRAK

Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui penerapan teori konstruktivis dalam pembelajaran anak sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Artikel ini membahas penerapan dan implikasi teori belajar konstruktivisme dalam pendidikan anak sekolah dasar, menekankan pentingnya pendekatan yang membuat siswa aktif. Konstruktivisme belajar adalah filosofi yang berlandaskan pada pemikiran bahwa pengetahuan individu terbentuk melalui aktivitas mental yang didukung oleh pengalaman belajar. Pembelajaran harus berlangsung dalam kemitraan dengan siswa yang aktif mencari pengetahuan, dengan guru sebagai fasilitator yang merangsang minat belajar mereka. Tujuan utama adalah mempromosikan pembelajaran di era globalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media dan model pembelajaran 5M, serta dampak teori konstruktivis, membuat siswa lebih aktif dan guru lebih inovatif sebagai fasilitator, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai secara optimal. Singkatnya, teori konstruktivis sangat efektif diterapkan dalam pembelajaran, karena memberikan kesempatan bagi siswa untuk memperluas pengetahuan secara mandiri.

 

Kata Kunci:Psikologi, konstruktivisme, Teori Belajar

 

References

Abdiyah, L., & Subiyantoro, S. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 127. https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951

Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Anjasari, T., & Janti, S. A. (2023). Efek Psikologis Pembelajaran Homeschooling dalam PenerapanTeori Sosial Kognitif dan Konstruktivisme. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1), 113–128. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Azizi, M. K., & Shafrizal, A. (2022). Merdeka Belajar Dalam Sudut Pandang Teori Belajar Konstruktivisme dan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 796–803. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5321

Dewi, L., & Fauziati, E. (2021). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar dalam Pandangan Teori Konstruktivisme Vygotsky. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 163–174. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1207

Farihah, F. A. R. A. M. Z. U. (2022). Firman Aulia Ramadhan Ahmad Muzakki Zein Umi Farihah. 5(2), 155–168.

Iyang Ebi Novita, Muzakkir, M. R. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 22 Gowa Implementation of Constructivism Learning Theory in Learning Islamic Religious Education in Public High School 22 Gowa. Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127

Lathifah, D. N. (2021). Implementasi Teori Pembelajaran Konstruktivisme pada Pembelajaran PAI di SDN 05 Tubanan-Kembang-Jepara. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 22–31.

Muzakki, H., Yulia Hidayatul Umah, R., & Mudawinun Nisa’, K. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Maria Montessori Dan Penerapannya Di Masa Pandemi Covid-19. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1). https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.164

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Porta, T., & Todd, N. (2024). The impact of labelling students with learning difficulties on teacher self-efficacy in differentiated instruction. Journal of Research in Special Educational Needs, 24(1), 108–122. https://doi.org/10.1111/1471-3802.12619

Putri, R. D. P., Suyadi, S., & Siregar, V. V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7671

Ramadhan, F. A., & Usriyah, L. (2021). Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural pada Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.114

Simanjuntak, R. E., Darma, R., Banurea, U., Thrid, R. P., Siregar, P., Widiastuti, M., & Pd, M. K. (2023). Kasus pada Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2, 105–115.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72. https://doi.org/10.52166/talim.v1i1.632

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Nur Khofifah, E. (2025). PELAKSANAAN TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DARI PSIKOLOGI DALAM PENDIDIKAN ANAK SEKOLAH DASAR. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 60–70. Retrieved from https://akselerasi.uinkhas.ac.id/index.php/aksel/article/view/690

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.