Implementasi Pendekatan Psikologi Kognitif untuk mengatasi kesulitan belajar Matematika anak-anak di usia Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i1.647Keywords:
Psikologi Kognitif, Matematika, Kesulitan BelajarAbstract
ABSTRACT
This study aims to investigate effective strategies in overcoming math learning difficulties in primary school-aged children caused by various factors. Using a desk research method with a qualitative approach, this study explores the learning barriers experienced by children and adolescents, often characterized by a mismatch between intelligence levels and expected academic abilities. Factors causing learning difficulties can be divided into internal and external. Effective solutions are needed to overcome these challenges, with a key role for educators and maximum support from parents. The findings from this study provide insight into strategies that can be used to help children overcome their math learning difficulties, which in turn can improve the quality of their education and overall academic development.
Keywords: Cognitive Psychology, Learning Difficulties, Mathematics.
ABSTRAK
Studi ini bertujuan untuk menyelidiki strategi yang efektif dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada anak usia sekolah dasar yang disebabkan oleh berbagai faktor. Menggunakan metode penelitian studi pustaka dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi hambatan belajar yang dialami anak dan remaja, sering kali ditandai oleh ketidaksesuaian antara tingkat kecerdasan dan kemampuan akademik yang diharapkan. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar dapat terbagi menjadi internal dan eksternal. Solusi yang efektif diperlukan untuk mengatasi tantangan ini, dengan peran kunci dari pendidik dan dukungan maksimal dari orang tua. Temuan dari studi ini memberikan wawasan tentang strategi yang dapat digunakan untuk membantu anak-anak mengatasi kesulitan belajar matematika mereka, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan perkembangan akademik mereka secara keseluruhan.
Kata Kunci:Psikologi Kognitif, Kesulitan Belajar, Matematika
References
Abdurrahman. (2023). Implikasi Landasan Psikologi Dalam Pengembangan Kurikulum Terhadap Proses Pembelajaran PAI DI Sekolah Dasar. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 862–880. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4
Amallia, N., & Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa. Attadib Journal of Elemetary Education, 3(2), 123–133. https://jurnalfai-uikabogor.org/index.php/attadib/article/view/414
Asriyanti, F. D., & Purwati, I. S. (2020). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 79–87. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p079
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Fajar Rizqi, A., Adilla, B. L., Sulistiyawati, E., & Taufiqurrohmah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 481–488. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.588
Heryanto, H., Sembiring, S. B. S., & Togatorop, J. B. T. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Curere, 6(1), 45. https://doi.org/10.36764/jc.v6i1.723
Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3
Igbo, J. N., & Omeje, J. C. (2014). Perceived efficacy of teacher-made instructional materials in promoting learning among Mathematics-Disabled children. SAGE Open, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.1177/2158244014538431
Kurniani Ningsih, S., Amaliyah, A., & Puspita Rini, C. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 44–48. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48
Marom, S., Mariani, S., & Susilo, B. E. (2022). Mengatasi Kesulitan Injeksi Computational Thinking Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Prosiding Seminar …, 964–968. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1653%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/1653/1090
Permatasari, A. cahyani, Sari, J. A., Winanda, T., Saputra, R. I., Silvi, Annisa, P., & Fitriani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 421–423. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i1.845
Polo-Blanco, I., & González López, E. M. (2021). Teaching addition strategies to students with learning difficulties. Autism and Developmental Language Impairments, 6. https://doi.org/10.1177/23969415211045324
Ramadanti, M., Sary, C. P., & Suarni, S. (2022). PSIKOLOGI KOGNITIF (Suatu Kajian Proses Mental dan Pikiran Manusia). Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 8(1), 56–69. https://doi.org/10.30863/ajdsk.v8i1.3205
Ramadhan, F. A. (2021). Vektor : Jurnal Pendidikan IPA Dalam Pembelajaran IPA Di Pendidikan Sekolah Dasar. Vektor: Jurnal Pendidikan IPA, Volume 02,(nomor 2), 56–66. http://vektor.iain-jember.ac.id
Ramadhan, F. A., & Usriyah, L. (2021). Strategi Guru dalam Mengimplementasikan Pendidikan Multikultural pada Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 59–68. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.114
Rong, L., & Mononen, R. (2022). Error analysis of students with mathematics learning difficulties in Tibet. Asian Journal for Mathematics Education, 1(1), 52–65. https://doi.org/10.1177/27527263221089357
Sa’o, S. (2016). Berpikir Intuitif Sebagai Solusi Mengatasi Rendahnya Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 43–56.
Sainio, P. J., Eklund, K. M., Pakarinen, E. K., & Kiuru, N. H. (2023). The Role of Teacher Closeness in Emotions and Achievement for Adolescents With and Without Learning Difficulties. Learning Disability Quarterly, 46(3), 151–165. https://doi.org/10.1177/07319487221086006
Saleh, H., Nurdyansyah, Hasanah, F. N., Rudyanto, H. E., & Mu’alimin. (2019). Application of Classroom Response Systems (CRS): Study to measure student learning outcome. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(14), 132–142. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i14.10506
Serry, T., Snow, P., Hammond, L., McLean, E., & McCormack, J. (2022). Educators’ perspectives about teaching and supporting students with learning difficulties in reading. Australian Journal of Education, 66(3), 292–313. https://doi.org/10.1177/00049441221130551
Suminar, W. (2018). Manajemen Peserta Didik Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pacitan. Muslim Heritage, 2(2), 389. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v2i2.1117
Van Eymeren, M. M. (2016). Memahami Persepsi Visual: Sumbangan Psikologi Kognitif Dalam Seni Dan Desain. ULTIMART Jurnal Komunikasi Visual, 7(2), 47–63. https://doi.org/10.31937/ultimart.v7i2.387
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.v5i1.852
Yuliardi, R. (2017). ANALISIS TERHADAP KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI ASPEK PSIKOLOGI KOGNITIF. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 21(1), 1–9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Siti Asiya, Lailatul Usriyah, Mu'alimin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.