Perkembangan Psikologi Anak dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Devi Damayanti UIN KH Achmad Shiddiq jember
  • Lailatul Usriyah UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember
  • Mu'alimin UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i2.648

Keywords:

Psikologi Anak, Pendidikan Karakter

Abstract

ABSTRACT

This research aims to identify children's psychological development in character education at MI Al Hidayah Mangli Jember class IV. The research method used is qualitative with data collection techniques through interviews, observation and documentation. The data collected is then analyzed using data collection, data presentation and data verification methods. The results of the research show that the characters of sixth grade students vary, but overall, they tend to have religious, disciplined and cooperative characters. School principals, homeroom teachers, religious teachers and parents have a positive understanding of children's psychological development in character education. Collaboration and transparent communication between educational institutions and parents play an important role in advancing children's psychological aspects through moral education. The school principal also implements the school's vision and mission to create students who have religious character, discipline, honesty and care for others. Support and motivation from both internal and external sources have a significant impact in shaping the moral character of students through education.

Keywords: Child Psychology, Character building

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasikan perkembangan psikologi anak dalam pendidikan karakter di MI Al Hidayah Mangli Jember kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode pengumpulan data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter siswa kelas enam bervariasi, namun secara keseluruhan, mereka cenderung memiliki karakter religius, disiplin, dan bergotong royong. Kepala sekolah, wali kelas, guru agama, dan orang tua memiliki pemahaman yang positif tentang perkembangan psikologi anak dalam pendidikan karakter. Kerjasama dan komunikasi yang transparan antara lembaga pendidikan dan wali murid memiliki peran penting dalam memajukan aspek psikologis anak melalui pendidikan moral. Kepala sekolah juga menerapkan visi dan misi sekolah untuk mewujudkan peserta didik yang memiliki karakter yang religius, disiplin, jujur, dan peduli terhadap sesama.Dukungan dan motivasi baik dari internal maupun eksternal memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter moral peserta didik melalui pendidikan.

Kata Kunci: Psikologi Anak, Pendidikan Karakter

References

A.Tabrani Rulsyan, W. W. (2020). Selri Pelmbaharulan Pelndidikan Melmbanguln Kellas Aktif dan Inspiratif. Yogyakarta: Delelpulblish.

Ahmadi, C. N. (2007). Meltodologi Pelnellitian. Jakarta: Bulmi Aksara.

Annulr, S. (2008). Meltodologi Pelnellitian Pelndidikan. Palelmbang: Grafika Telllindo Prelss.

Annulr, S. (2018). Meltodologi Pelnellitian Pelndidikan. Noelrfikri.

Choli, I. (n.d.). Pelmbelntulkan Karaktelr Mellaluli Pelndidikan Islam. Pelmbelntulkan Karaktelr Mellaluli Pelndidikan Islam, 01, 1–17.

Darmadi. (2017). Pelngelmbangan Modell Dan Meltodel Pelmbellajaran Dalam Dinamika Bellajar Siswa. Yogyakarta: Delelpulblish.

Dwi Indah Cahyani, F. Ul., Mulna, M. F., Fadhilah, S., Wachidah, El. Ul., & Hanik, J. (2021). Pelran Lelmbaga Pelndidikan dalam Melmbelntulk Karaktelr Pelselrta Didik Elra 4.0 di Selkolah Indonelsia Kulala Lulmpulr. Joulrnal of Eldulcational Intelgration and Delvellopmelnt, 1(3), 2021.

Elulis Karwati, D. J. (2015). Manajelmeln Kellas Clasroom Mangelmelnt. Lihat di Skripsi Relsti Noviyanti yang belrjuldull Implelmelntasi Manajelmeln Kellas Dalam Pellaksanaan Pelmbellajaran di Madrasah Aliyah Nelgelri 1 Wayan Kanan Ulnivelrsitas Islam Nelgelri Radeln Intan Lampulng, 84.

Hakim, A. (2017). Meltodologi Pelnellitian. Bandulng: CV Jeljak.

Ibrahim, Cahyani, N. N., Astulti, M., & Felbriyanti. (2021). Implelmelntasi Manajelmeln Kellas dan Rellelvansinya delngan Hasil Bellajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Qulr’aniah 8 Palelmbang. Julrnal Hikmah, 18(2), 187–199.

Ibrahim, Mulstika, A., Marlina, L., & Alfiyanto, A. (2022). Pellaksanaan Bimbingan Konselling dalam Melmbelntulk Kelcelrdasan Spiritulal Siswa. Eldulmaspull-Julrnal Pelndidikan, 6(1), 321–327.

Indah Kulsulma Delwi, A. M. (2019). Nilai-Nilai Profeltik Dalam Kelpelmimpinan Modelrn Pada Manajelmeln Kinelrja. Lampulng: Grel Pulblishing.

Indonelsia, T. D. (2012). Manajelmeln Pelndidikan. Bandulng: Alfabelta.

Milels, & Hulbelrman. (2014). Analisis Data Kulalitatif. UlI Prelss.

Molelong, L. J. (2012). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Jakarta: Rosdakarya.

Mulstajib, M., Multohar, P. M., & Fuladi, I. (2022). Manajelmeln Pelselrta Didik Dan Pelngulatan Karaktelr Relligiuls Mellaluli Pelmbellajaran Kitab Kulning Stuldi MAN 3 Kandangan Keldiri, Indonelsia. EllIdarel: Julrnal Manajelmeln Pelndidikan Islam, 8(2), 77–84. https://doi.org/10.19109/ellidarel.v8i2.13747

Mulstaqim, M. (2015). Modell Pelndidikan Karaktelr Telrintelgrasi Pada Pelmbellajaran Di Pelndidikan Dasar. Ellelmelntary, 3(1).

Mulstofa, A. A. (2021). Pelngellolaan Pelndidikan. Meldan: Yayasan Kita Melnullis.

Nasultion, S. (1995). Meltodel Relsselarch: Pelnellitian Ilmiah. Jakarta: Bulmi Aksara.

Nulrbaiti. (2016). Pelngellolaan Kellas (Clasroom Managelmelnt). Sulrakarta: CV Mitra Krelasindo.

Nulrbaiti. (2016). Pelngellolaan Kellas (Clasroom Managelmelnt). Sulrakarta: CV Mitr.

Rahardjo, M. (2020). Jelnis dan Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. In UlIN Malang Meldia Informasi dan Kelbijakan Kampuls.

Rinja Elfelndi, D. G. (2020). Manajelmeln Kellas Selkolah Dasar. Jawa Timulr: CV.Pelnelrbit Qiara Meldia.

Saifullloh, A. M. (2020). Manajelmeln pelmbellajaran dalam melningkatkan elfelktifikas prosels bellajar melngajar di masa pandelmic covid-19. Julrnal Pelndidikan Gulrul Madrasah Ibtidaiyah. Vol 3 No 2. Diaksels dari https://eljoulrnal.iaisyarifulddin.ac.id/indelx.php/bidayatulna/articlel/vielw/638.

Slamelto. (2020). Stratelgi Implelmelntasi Manajelmeln Belrbasis Selkolah (MBS) Delngan Profelsional. Jawa Timulr: CV. Pelnelrbit Qiara Meldia.

Saifull, Yulsliani, H., & Rosnidarwati. (2022). Implelmelntasi Pelndidikan Karaktelr: Pelrspelktif AlGhazali & Thomas Lickona Di Madrasah Ibtidaiyah Telrpadul (MIT) Melulnara Baro Kabulpateln Acelh Belsar. Eldulkasi Islami: Julrnal Pelndidikan Islam, 11(1), 721–740. https://doi.org/10.30868/eli.v11i01.1900

Sulgiyono. (2021). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Alfabelta.

Sulgiyono. (2022). Meltodel Pelnellitian Kulalitatif. Alfabelta.

Sulryana, El. (2015). Administrasi Pelndidikan Dalam Pelmbellajaran. Yogyakarta: Delelpulblish.

Toharuldin, M. (2020). Bulkul Ajar Manajelmeln Kellas. Jatelng: Lakelisha.

Toharuldin, M. (2020). Bulkul Ajar Manajelmeln Kellas. Jatelng: Lakelisha.

Yaya Rulyatnasih, L. M. (2018). Pelngantar Manajelmeln Telori, Fulngsi, Kasuls. Yogyakarta: CV.Absolult Meldia.

Downloads

Published

2024-10-31

How to Cite

Damayanti, D., Usriyah, L. ., & Mu’alimin. (2024). Perkembangan Psikologi Anak dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 92–100. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v3i2.648