Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak-Anak Langit untuk Membina Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Fika Fauliyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.66

Keywords:

Value of Character Education, Novel Anak-anak Langit, Madrasah Ibtidaiyah,

Abstract

The purpose of this study is to describe the character values ​​in the novel Anak-Langit by Mohd Amin MS and to foster and apply character to students of MI, because it is seen from the phenomena that occur in Indonesia today such as the occurrence of bad habits , fighting, cheating, dishonesty, and disrespect for parents. This study uses a qualitative approach, with content analysis methods. The type of research used is literature study. The technique of collecting data is documentation study, which means that the data used can be done by examining children's novels from heaven and looking for relevant documents or books and literature. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation and conclusion / verification. Based on the results of this study, it shows that there are 18 characters in the novel Anak-Langit, namely religious, honest, responsibility, discipline, hard-working, creative, independent, curiosity, fond of reading, respect for achievement, democratic, social care, friendly. communicative, tolerant, spirit of nationality, love the country, love peace, and care for the environment. As for implementing these 18 characters, it is in activities or programs provided in the school environment such as extracurricular, intraculricular and other routine activities that can be used as a habit for MI.

Keyword: Value of Character Education, Novel Anak-anak Langit, Madrasah Ibtidaiyah

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang ada dalam novel Anak-anak Langit Karya Mohd Amin MS serta untuk membina dan menerapkan karakter kepada siswa MI, karena dilihat dari fenomena yang terjadi di Indonesia saat ini seperti terjadinya kebiasaan-kebiasaan buruk, perkelahian, menyontek, tidak jujur, dna tidak menghormati orangtua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode analisis isi. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumentasi yang artinya data-data yang digunakan dapat dilakukan dengan menelaah novel anak-anak langit dan mencari dokumen atau buku yang relevan dan studi pustaka. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan ada 18 karakter yang ada didalam novel Anak-anak Langit yaitu religius, jujur, tanggung jawab, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, gemar membaca, menghargai prestasi, demokratis, peduli sosial, bersahabat/komunikatif, toleransi, semangat kebangsaan, cinta tanah air, cinta damai, dan peduli lingkungan. Adapun dalam menerapkan ke-18 karakter ini adalah dalam kegiatan-kegiatan atau program-program yang disediakan di lingkungan sekolah seperti ekstrakulikuler, intrakulikuler serta kegiatan-kegiatan rutin lainnya yang dapat dijadikan kebiasaan untuk siswa MI.

Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Novel Anak-anak Langit, Madrasah Ibtidaiyah

Downloads

Published

2020-12-26

How to Cite

Fauliyah, F. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Anak-Anak Langit untuk Membina Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v1i2.66