Persepsi Mahasiswa FTIK IAIN Jember dalam Memahami Kompetensi Guru yang Berkualitas

Authors

  • Fatimatus Zahro IAIN JEMBER
  • Widya Mellinda IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.77

Keywords:

Perception, Student, Teacher Competence

Abstract

The purpose of this study is to determine the perceptions of IAIN Jember students in understanding the competence of quality teachers.  This research is a descriptive study which is carried out online or online by distributing questionnaires. The population of this study were students of the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training at IAIN Jember with a sample of 100 students.  The indicator used in this research is the Likert scale. Filled the questionnaire with an  average score of 48%, the indicator of knowledge about the competence of the perception teacher with an average panicle of 58,3%, of indicators of understanding of the competence of the teacher’s perceptions of student with an average of 39,6%, understand the competence of teachers with an average score of 70,8%. To create students as qualified prospective teachers, students are required to become professional teachers. And prpfessinal educators must have competent abilities that havebeen standardized and be able to demonstrate their quality as professional teachers.

Keywords: Perception, Student, Teacher Competence

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa IAIN Jember dalam memahami kompetensi guru yang berkualitas. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimana dilaksanakan secara daring atau online dengan menyebarkan kuisioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember dengan sampel sebanyak 100 mahasiswa. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya respon dari mahasiswa untuk mengisi kuisioner dengan nilai rata-rata 48%, indikator pengetahuan tentang kompetensi guru persepsi dengan nilai rata-rata 58,3 %, indikator pemahaman tentang kompetensi guru persepsi mahasiswa dengan nilai rata-rata 39,6%, dan indikator persepsi Mahasiswa sebagai calon guru tentang perlunya memahami kompetensi guru dengan nilai rata-rata 70,8%. Untuk menciptakan mahasiswa sebagai calon guru yang berkualitas diperlukan kesiapan mahasiswa untuk menjadi guru profesional. Dan pendidik profesional harus memiliki kemampuan kompetensi yang telah distandarkan dan mampu menunjukkan kualitasnya sebagai guru yang profesional.

KataKunci: Persepsi, Mahasiswa, Kompetensi Guru

References

DAFTAR PUSTAKA

Aquami, dkk. 2018. Hubungan Kompetensi Guru dan Peran Orang Tua Terhadap Terhadap Hasil Belajar Siswa di MIN Se-Kota Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, Volume 4, No.1.

Fauzi, Imron. 2018. Etika Profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.

Payong, M. R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Soraya, Nyanyu. 2018. Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Kompetensi Dosen Dalam Mengajar Pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan

Uin Raden Fatah Palembang. Jurnal Tadrib, Vol. IV, No.1: 186-189.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabet.

Sukmawati, Rika. 2019. Analisis Kesiapan Mahasiswa Menjadi Calon Guru Profesional Berdasarkan Standar Kompetensi Pendidik. Jurnal Analisa, Vol.5 (1): 95-102.

Suryana. 2010. Metodologi Penelitian (Model Prakatis Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif). Jawa Barat :Universitas Negeri Indonesia.

Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-06-29

How to Cite

Zahro, F., & Mellinda, W. (2021). Persepsi Mahasiswa FTIK IAIN Jember dalam Memahami Kompetensi Guru yang Berkualitas. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 22–36. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i1.77