PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA KELAS VB MIN 1 JEMBRANA BALI
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.290Keywords:
Fiqih, Keaktifan Belajar, Multiple IntelligenceAbstract
Pendidik mempunyai peran andil yang cukup besar untuk meningkatkan minat peserta didik, khususnya mata pelajaran fiqih, guru harus memperhatikan strategi yang baik untuk mengajar di dalam kelas, dan salah satu strategi yang bisa digunakan adalah pembelajaran berbasis multiple intelligence, dimana pembelajaran berbasis multiple intelligence ini diterapkan dengan baik dapat menigkatkan keaktifan belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dalam Penelitian Tindakan Kelas dilakukan melalui beberapa siklus, pada tiap siklus yang dilakukan akan dianalisis hasil penelitian yang telah dilakukan untuk kemudian diadakan perbaikan pada siklus selanjutnya sampai tujuan dari penelitian yang direncanakan tercapai. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) dalam penerapan pembelajaran berbasis multiple intelligence telah dilaksanakan beberapa tahapan yakni melalui persiapan, pelaksanaan, dan penilaian. (2) pada saat observasi awal ke siklus I mengalami kenaikan rerata sebesar 25,7%, kemudian rerata dari siklus I (51,06%) ke siklus II menjadi (55,50%), jadi kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 4,44%. Dari siklus II (55,50%) ke siklus III menjadi (82,99%), jadi mengalami kenaikan sebesar 27,49%. Dapat dilihat bahwa data tersebut menunjukkan ada pengaruh yang di dapat dalam menerapkan pembelajaran berbasis multiple intelligence pada mata pelajaran fiqih kelas VB MIN 1 Jembrana Bali.
References
Af’idah, Nur Nilta, dan Kholil Mohammad. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember, Akselarasi: Jurnal Pendidikan Guru MI, Vol. 2 No. 2 (2021)
Gunawan, W. Adi. Genius Learning Strategi: Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama: 2003)
Suparno. Paul, Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah (Yogyakarta: Kanisius Yogyakarta, 2007)
Hohhman. Education Young Childre: Active Learning Practices for Preschool and Child Care Programs (USA: high Scope Press, 2005)
Ilyas, Asmidir, Sisca Folastri, dan Solihatun. Diagnosis Kesulitan Belajar&Pembelajaran Remidial (Semarang: Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 2017)
Inayati. “Pembina: Jangan Berbicara Ketika Guru Menjelaskan Pelajaran,” 22 Agustus 2019, https://kalsel.kemenag.go.id
Jaya, Putra. “Pentingnya Keterampilan Bertanya Bagi Guru,” 27 Februari 2021, http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id
Siregar, Aisyah Siti. Menjadi Pelajar dan Mahasiswa Muslim Berprestasi (Jakarta: Gramedia, 2019)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2017)
Sugiyono. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2015)
Shaifudin, Arif. Fiqih Dalam Perspektif Filsafat Ilmu: Hakikat dan Objek Ilmu Fiqih, Al-Manhaj: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial Islam, Vol. 1 No. 2 (2019)
Hoerr, R. Thomas. Buku Kerja Multiple Intelligences (Bandung: Mizan Pustaka, 2007)
Mulyana, Aina. “Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” 02 Juni 2018, https://ainamulyana.blogsot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003.html
Prasetyo, Reza, J.J, Yeni Andriani. Melatih 8 Kecerdasan Majemuk Pada Anak dan Dewasa (Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2009)
Yuliani. Meningkatkan Kemampuan Menjawab Pertanyaan Konkirit Melalui Media Bercerita Pada PAUD Terpadu Al-Ijtihad Danger, Jurnal Pendidikan dan Dakwah, Vol. 1 No. 1 (2019)
Suryanto. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), (Yogyakarta: Dirjen PT dan Depdikbud, 1997)
Masykur, Rizqillah Mohammad. Metodologi Pembelajaran Fiqih, Jurnal Al-Makrifat, Vol. 4 No. 2 (2019)
Kanwil Kemenag Sumsel. “Latih Siswa Maju di Depan Kelas,” 01 Januari 2017, https://sumsel.kemenag.go.id
Muslich, Mansur. Melaksanakan PTK itu mudah, (Jakarta: Bumi Angkasa, 2009)
Nursetiaji, Putra Tangguh Ahmad, Supraptono, Eko, dan Sugiyarto. Penerapan Metode Cooperatif Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran Merakit Instalasi Komponen PC di SMK, Didaktikum: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, Vol. 16 No. 3 (2015)
Wiriatmaja, Rochiati. Pendekatan
Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung: Rosda Karya, 2007)
Musfiroh, Tadkiroatun. Cerdas Melalui Bermain (Cara Mengasah Multiple Intelligences pada Anak Sejak Usia Dini), (Jakarta: PT. Grasindo, 2008)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Neni Herawati, Subakri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.