Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember

Authors

  • Nilta Nur Af'idah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mohammad Kholil UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.65

Keywords:

Learning, Multiple Intelligences

Abstract

The low index of human development in Indonesia and the low ranking of Indonesia in ranking a country’s competitiviness based on the ability or talents of human resources by Global Talent Competitiviness Index in 2019 indicate the low ability to develop every intelligence or talent of students. Then, multiple intelligences based learning needs to be applied to develop every intelligence or talent of students. The focus of this research is how is the planning, implementation, and evaluation of multiple intelligences based learning in SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember. The purpose of this research is to describe the planning, implementation, and evaluation of multiple intelligences based learning in SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember. This research uses a qualitative approach to the type of case studies. Research subjects were determined using purposive sumpling techniques and data in this research were collected through observation, interviews, an documentation.

 Keywords: Learning, Multiple Intelligences

 ABSTRAK

Rendahnya Indeks Pembangunan Manusia negara Indonesia dan rendahnya peringkat negara Indonesia dalam pemeringkatan daya saing suatu negara berdasarkan kemampuan atau talenta sumber daya manusia oleh Global Talent Competitiviness Index pada tahun 2019 menunjukkan rendahnya kemampuan untuk mengembangkan setiap kecerdasan atau bakat di negara Indonesia. Maka, pembelajaran berbasis multiple intelligences perlu diterapkan untuk mengembangkan setiap kecerdasan atau bakat peserta didik. Fokus penelitian ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis multiple intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sumpling dan data pada penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Kata Kunci: Pembelajaran, Kecerdasan Majemuk

References

Armstrong, Thomas. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom. USA: ASCD.

Baiquni, Ahmad. (2014). Tafsir Salman: Tafsir Ilmiah Juz ‘Amma. Bandung: YPM Salman ITB.

Budiningsih, Asri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2015.

Chatib, Munif. (2018). Sekolahnya Manusia. Bandung: Penerbit Kaifa.

Departemen Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Gardner, Howard. (1983). Frames Of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. NewYork: Basicbooks.

Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kemendikbud RI, Permendikbud RI, No. 104 tahun 2014 tentang penilaian hasil belajar oleh pendidik pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Lanvin, Bruno dan Felipe Monteiro. (2019). The Global Talent Competitiviness Index 2019. Prancis: INSEAD.

Pradini Dzilhijjah, Sarah. (2016). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences pada siswa Kelas III di SD Jogja Green School. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekretariat Negara RI, Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tim penyusun. (2018). Potret Pendidikan Indonesia: Statisktik Pendidikan Indonesia 201. Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Af’idah, N. N., & Kholil, M. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di SD Hidayatul Murid Full Day Ampel Wuluhan Jember. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 103–122. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v2i2.65