PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR JENJANG PEMBACA AWAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  •   Melani Maspeke   IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  •   Lamsike Pateda   IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  •   Asriyati Nadjamuddin   IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.663

  Keywords:

Buku Cerita Bergambar, Pembaca Awal, Bahasa Indonesia

Abstract

ABSTRACT
This research aims to (1) determine the design of picture story books, (2) determine the development of picture story books, (3) determine the quality of picture story books and (4) determine the effectiveness of picture story books for early readers on my theme in Indonesian language students. class III. Picture story books are expected to increase students' interest in reading. This research is a type of development research using the ADDIE development model. This research uses five stages, (1) analysis stage (2) design stage (3) development stage (4) implementation stage and (5) evaluation stage. The subjects of this research were 3 validators and students. The instruments in this research were interview sheets and validation questionnaire sheets. Data analysis techniques are qualitative and quantitative. The results of this research show that the picture storybook as a result of expert assessment of the storybook material is in a very valid category with a percentage of 92 percent. This linguist's assessment is in the very valid category with a percentage of 92 percent. The design expert's assessment is in the very valid category with a percentage of 100 percent. Overall validation from material, language and design experts is an average of 94 percent with a very valid category, so it can be concluded that the picture story book is very valid and suitable for use in learning activities in class III at SDN 2 Linawan.
Keywords: Picture Story Books, Early Readers, Indonesian
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui desain buku cerita bergambar, (2) mengetahui pengembangan buku cerita bergambar, (3) mengetahui kualitas buku cerita bergambar dan (4) mengetahui keefektifan buku cerita bergambar jenjang pembaca awal tema diriku pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas III. Buku cerita bergambar diharapkan dapat meningkatkan minat membaca siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan lima tahap, (1) tahap analysis (2) tahap desain (3) tahap development (4) tahap implementation dan (5) tahap evaluation. Subjek penelitian ini adalah validator yang berjumlah 3 orang dan siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan lembar angket validasi. Teknik analisis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku cerita bergambar hasil penilaian ahli materi buku cerita ini kategori sangat valid dengan presentase 92 persen. Penilaian ahli bahasa ini kategori sangat valid dengan presentase 92 persen.
Penilaian ahli desain ini kategori sangat valid dengan presentase 100 persen.
Secara keseluruhan validasi dari ahli materi, bahasa dan desain yaitu rata-rata
94 persen dengan kategori sangat valid, maka dapat disimpulkan bahwa buku
cerita bergambar tersebut sudah sangat valid dan layak digunakan dalam
kegiatan pembelajaran dikelas III SDN 2 Linawan.
Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Pembaca Awal, Bahasa Indonesia

References

Anistun, Siti. 2018. Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jakarta: AR- RUZMEDIA.

Anshari, Sakaria. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bugis, Fakultas Bahasa dan Sastra: Universitas Negeri Makassar.

Asmonah, Siti. 2019. Meningkatkan Kemampuan Membaca menggunakan Media Kartu Kata Bergambar, Jurnal Pendidikan. Vol. 8, No. 2.

Baharudin, Roplin Zakaria S. 2016. Minat Baca Terhadap Kemampuan MenulisCerita Siswa Kelas V SDN 2, Jurnal TERAMPIL, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. Vol. 3, No. 4.

Benny A, Pribadi. 2017. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Kencana.

Borg dan Gall. 2007. Model Pengembangan Borg dan Gall. Jakarta: CV.

Crownet. Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pasca Sarjana Universits Pelita Harapan.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Nomor 20.

Dibia, Ketut. 2018. Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo. Elisabeth, Tantiana Ngura. 2018. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk

Meningkatkan Kemampuan Bercerita dan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di TK

MariaVirgo Kabupaten Ende, Jurnal Terampil. Vol. 5, No.1.

Ernawati dan Sukardiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Jaya Pres. Hasanuddin. 2015. Sastra Anak Kajian Tema. Bandung: CV Angkasa.

Hidayah, Nurul dan Diah Rizki Nur Khalifah. 2019. Pembelajaran Bahasan dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pranala.

Tarign, Nova Triana. 2018. Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa kelas IV Sekolah Dasar, Jurnal Curure. Vol. 02, No. 03.

Thiagarajan. 2002. Model Pengembangan Dick dan Karey. Jakarta.

Wawancara dengan Asnawati Matulu, tanggal 25 Maret 2024 di SDN 2 Linawan. El Khuluqo Ihdana, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2017.

Fauzi Hairul, Minat Baca Mahasiswa (Permasalahan dan Upayanya), Jurnal Aktualita, Vol. 0 Edisi 1 Desember 2018.

Hamzah Amir, Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development), Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2020.

Slamet, Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Surakarta: UNS Press 2017.

Rusman, dkk. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pres, 2018.

Mei Ratnasari Eka & Zubaidah Enny, Pengaruh Penggunaan Buku cerita Bergambar Terhadap Kenanpuan Berbicara Anak, Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, Vol 9 No 3 September 2019.

Muhyidin Asep, Metode Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Dikelas Awal, Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Volume 3 Nomor 1, Maret 2018.

Nindy Destiana Maffila, Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Buku Cerita Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Batik-Sidoarjo, Universitas Negeri Surabaya.

Hidayah, N. (2019). Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pranata.

Ismawati, E. (1994). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Yogyakarta: Ombak.

Kemp, J. (1994). Model Pengembangan Kemp. Jakarta: Media.

Mardiyah. (2017). Nilai-nilai pendidikan karakter pada pengembangan materi ajar bahasa Indonesia di kelas IV sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(2).

Mualimuna. (2017). Pengertian pendidikan V SD Negeri 1 Ujungpandan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1).

Muhammad, A. F. (2015). Membuat Anak Gila Membaca. Yogyakarta: Pro-U Media.

Nafiah, S. A. (2017). Fase Perkembangan Membaca Peserta Didik. Yogyakarta: Budi Mulia.

Nurgiyanto, B. (2019). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.

Prastowo, A. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi. Pedoman Penerbitan Buku.

Rahim, F. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna, S. (2018). Bahasa Indonesia Keterampilan Membaca. Bandung: Permata.

Rizki Ananda, F. (2018). Analisis kemampuan guru sekolah dasar dalam implementasi pembelajaran di SD. Jurnal BASICEDU, 2(2).

Rothlein, & Meinbach. (2017). Buku Cerita Bergambar. Universitas Kristen Maranatha.

Maspeke, Pateda, dan Nadjamuddin, Pengembangan Buku Cerita Bergambar

119

Siwi Pawestri Apriliani, & Elvira Hoesein. (2020). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar kelas 2 MI. Jurnal BASICEDU, 10(3).

Slamet, S. Y. (2017). Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di kelas rendah dan kelas tinggi sekolah dasar. Surakarta: UNS Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaiuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran. Jurnal Terampil, 2(2).

Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Maspeke, M., Pateda, L., & Nadjamuddin, A. (2024). PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR JENJANG PEMBACA AWAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 188–204. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.663

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.