MENUMBUHKAN MINAT BACA DAN KREATIVITAS MENULIS PADA ANAK IMIGRAN DI SANGGAR BIMBINGAN SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.768Keywords:
Menulis, Anak Imigran, Minat BacaAbstract
This study aims to explore and improve the reading interest and writing creativity of immigrant children in Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia, through activities organized at the Guidance Studio. The research method used is field research. This research is included in descriptive qualitative research. For data collection techniques using observation and interview techniques. The results showed that many immigrant children face difficulties in developing their reading interest and writing creativity due to various factors, including a less supportive social and economic environment. However, through the programs organized at the Guidance Studio, such as the reading corner, reading 15 minutes and fun rewards, significant improvements in reading interest and writing creativity of immigrant children can be observed. The findings show the importance of a holistic and integrated approach in addressing the literacy challenges of immigrant children, as well as the important role of social institutions such as Sanggar Bimbingan in providing the necessary support to improve the literacy skills and creativity of immigrant children.
Keywords: Interest in reading, writing and immigrant children
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan minat baca serta kreativitas menulis pada anak imigran di Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia, melalui kegiatan yang diselenggarakan di Sanggar Bimbingan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak anak imigran menghadapi kesulitan dalam mengembangkan minat baca dan kreativitas menulis mereka karena berbagai faktor, termasuk lingkungan sosial dan ekonomi yang kurang mendukung, Namun, melalui program-program yang diselenggarakan di Sanggar Bimbingan, seperti pojok baca, membaca 15 menit dan reward asyik, dapat diamati peningkatan yang signifikan dalam minat baca dan kreativitas menulis anak-anak imigran. Temuan ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang holistik dan terpadu dalam mengatasi tantangan literasi anak imigran, serta pentingnya peran lembaga sosial seperti Sanggar Bimbingan dalam memberikan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan kreativitas anak imigran.
Kata Kunci: Minat baca, Menulis dan Anak Imigran
References
Alifah, M. J. N., Setyawan, P. F., Khusna, P. M. Al, & Luzsanti, D. (2023). Menumbuhkan Minat
Baca Anak Usia Dini Melalui Media Pojok Baca Di Ra Sunan Giri Dan Kb Sunan Giri Desa
Ngebruk. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1).
https://doi.org/10.51700/empowerment.v3i1.424
Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). MASYARAKAT DUSUN NGRANCAH. 9(2).
Hidayatulloh, P., & Solihatul, A. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca
di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. 1(1), 6–11.
Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas
II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519
Khairina, D., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan
Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas Rendah SDN 20 Cakranegara. Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan, 8(1), 305–311. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1178
Kuswandi, I., Prodi, M., Stkip, P., & Sumenep, P. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Dengan Mengoptimalkan Penggunaan Media Yang Ada
Di Lingkungan Sekolah Di Sekolah Dasar Luar Biasa Saronggi Kabupaten Sumenep. Jurnal
Autentik, 1(2), 30–42.
M. Zulham. (2022). Pengaruh Membaca Lima Belas Menit Sebelum Pembelajaran terhadap Minat
Baca Siswa. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 63–72.
https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.228
Paluvi, I., try Mulia, I., Audina, M., Sari, N., & Dafit, F. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Gerakan
Literasi Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Dasar 08 Kampung Rempak. Educativo : Jurnal
Pendidikan, 2(1), 262–265.
Prastika, I., Ningsih, R. R., Sugiarti, S., Albasari, D., & Watini, S. (2023). - Implementasi “Reward
Asyik” untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di KB Bunga Rampai. JIIP
- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3904–3908. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1558
Putri, E. D. P., & Setyadi, A. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Kegiatan “Seni
Berbahasa” (Studi Kasus Di Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir, Kec. Purwokerto Selatan,
Kab. Banyumas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 1–13.
Rukajat, A. (2024). Menumbuhkan Minat Baca Anak melalui Penyediaan Pojok Baca dan Metode
Reading Aloud di Desa Kutalanggeng Karawang. Al-DYAS, 3(1), 398–409.
https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i1.2702
Nugroho, Kuswandi, Zainuddin, Menumbuhkan Minat Baca
141
Zainuddin, Misbahudholam, M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan Komunikasi Orang
Tua dan Guru Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SNAPP :
Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 1(1), 119–122.
https://sanggarbimbingansentul.blogspot.com/2022/12/profil-sanggar-bimbingan-
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Faisol Nogroho MS, Iwan Kuswandi, Zainuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.