MENUMBUHKAN MINAT BACA DAN KREATIVITAS MENULIS PADA ANAK IMIGRAN DI SANGGAR BIMBINGAN SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA

Authors

  • Faisol Nogroho MS Sumenep
  • Iwan Kuswandi STKIP PGRI Sumenep
  • Zainuddin STKIP PGRI Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.768

Keywords:

Menulis, Anak Imigran, Minat Baca

Abstract

This study aims to explore and improve the reading interest and writing creativity of immigrant children in Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia, through activities organized at the Guidance Studio. The research method used is field research. This research is included in descriptive qualitative research. For data collection techniques using observation and interview techniques. The results showed that many immigrant children face difficulties in developing their reading interest and writing creativity due to various factors, including a less supportive social and economic environment. However, through the programs organized at the Guidance Studio, such as the reading corner, reading 15 minutes and fun rewards, significant improvements in reading interest and writing creativity of immigrant children can be observed. The findings show the importance of a holistic and integrated approach in addressing the literacy challenges of immigrant children, as well as the important role of social institutions such as Sanggar Bimbingan in providing the necessary support to improve the literacy skills and creativity of immigrant children.

Keywords: Interest in reading, writing and immigrant children

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan meningkatkan minat baca serta kreativitas menulis pada anak imigran di Sentul, Kuala Lumpur, Malaysia, melalui kegiatan yang diselenggarakan di Sanggar Bimbingan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak anak imigran menghadapi kesulitan dalam mengembangkan minat baca dan kreativitas menulis mereka karena berbagai faktor, termasuk lingkungan sosial dan ekonomi yang kurang mendukung, Namun, melalui program-program yang diselenggarakan di Sanggar Bimbingan, seperti pojok baca, membaca 15 menit dan reward asyik, dapat diamati peningkatan yang signifikan dalam minat baca dan kreativitas menulis anak-anak imigran. Temuan ini menunjukkan pentingnya pendekatan yang holistik dan terpadu dalam mengatasi tantangan literasi anak imigran, serta pentingnya peran lembaga sosial seperti Sanggar Bimbingan dalam memberikan dukungan yang diperlukan untuk meningkatkan keterampilan literasi dan kreativitas anak imigran.

Kata Kunci: Minat baca, Menulis dan Anak Imigran  

References

Alifah, M. J. N., Setyawan, P. F., Khusna, P. M. Al, & Luzsanti, D. (2023). Menumbuhkan Minat

Baca Anak Usia Dini Melalui Media Pojok Baca Di Ra Sunan Giri Dan Kb Sunan Giri Desa

Ngebruk. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1).

https://doi.org/10.51700/empowerment.v3i1.424

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). MASYARAKAT DUSUN NGRANCAH. 9(2).

Hidayatulloh, P., & Solihatul, A. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca

di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. 1(1), 6–11.

Hulwah, B., & Ahmad, M. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Menulis Permulaan pada Siswa Kelas

II Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7360–7367.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3519

Khairina, D., Saputra, H. H., & Oktaviyanti, I. (2023). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan

Membaca dan Menulis Permulaan Siswa Kelas Rendah SDN 20 Cakranegara. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan, 8(1), 305–311. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1178

Kuswandi, I., Prodi, M., Stkip, P., & Sumenep, P. (2017). Upaya Guru Dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita Dengan Mengoptimalkan Penggunaan Media Yang Ada

Di Lingkungan Sekolah Di Sekolah Dasar Luar Biasa Saronggi Kabupaten Sumenep. Jurnal

Autentik, 1(2), 30–42.

M. Zulham. (2022). Pengaruh Membaca Lima Belas Menit Sebelum Pembelajaran terhadap Minat

Baca Siswa. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2), 63–72.

https://doi.org/10.53769/deiktis.v2i2.228

Paluvi, I., try Mulia, I., Audina, M., Sari, N., & Dafit, F. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Gerakan

Literasi Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Dasar 08 Kampung Rempak. Educativo : Jurnal

Pendidikan, 2(1), 262–265.

Prastika, I., Ningsih, R. R., Sugiarti, S., Albasari, D., & Watini, S. (2023). - Implementasi “Reward

Asyik” untuk meningkatkan Motivasi Belajar pada Anak Usia Dini di KB Bunga Rampai. JIIP

- Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 3904–3908. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.1558

Putri, E. D. P., & Setyadi, A. (2019). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Kegiatan “Seni

Berbahasa” (Studi Kasus Di Taman Baca Masyarakat Wadas Kelir, Kec. Purwokerto Selatan,

Kab. Banyumas). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 1–13.

Rukajat, A. (2024). Menumbuhkan Minat Baca Anak melalui Penyediaan Pojok Baca dan Metode

Reading Aloud di Desa Kutalanggeng Karawang. Al-DYAS, 3(1), 398–409.

https://doi.org/10.58578/aldyas.v3i1.2702

Nugroho, Kuswandi, Zainuddin, Menumbuhkan Minat Baca

141

Zainuddin, Misbahudholam, M., Hidayat, F., & Fadhilah, A. (2021). Penguatan Komunikasi Orang

Tua dan Guru Terhadap Perkembangan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SNAPP :

Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi, 1(1), 119–122.

https://sanggarbimbingansentul.blogspot.com/2022/12/profil-sanggar-bimbingan-

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Faisol Nogroho MS, Iwan Kuswandi, & Zainuddin. (2024). MENUMBUHKAN MINAT BACA DAN KREATIVITAS MENULIS PADA ANAK IMIGRAN DI SANGGAR BIMBINGAN SENTUL KUALA LUMPUR MALAYSIA . AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 128–140. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v5i2.768