Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3

Authors

  • Hafidhah Maghfira UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Mukn’iah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.160

Keywords:

Pengembangan Media Interaktif PowerPoint, Minat Belajar, Tematik

Abstract

ABSTRACT

Interactive powerpoint media use will be one of the most interesting innovations in delivering learning materials to learners. Thus, researchers conducted studies at elementary schools especially at the khoiru ummah elementary school of the hapless city. The kind of research used is development or (research and development) research that can produce a product and test the effectiveness of the product the approach used is mixed up that combines both qualitative and quantitative data. The study used r&d borg and gall development procedures. The conclusion that can be drawn from this development research is that the product of interactive media powerpoint has successfully increased students' interest in thematic learning with the final value that comes from student response figures of 776 from the maximum value of 880, with a final rating of 88.18% of a 100% maximum percentage with a "highly effective" media criteria.

Keywords: Interactive powerpoint media development, learning interests, thematic

 

 

ABSTRAK

Penggunaan media Interaktif berbasis PowerPoint akan menjadi salah satu inovasi yang menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dengan demikian, maka peneliti melakukan penelitian di Lembaga pendidikan dasar khususnya di Sekolah Dasar Islam Khoiru Ummah Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau (Research and Development) yang dapat menghasilkan sebuah produk dan menguji efektifitas dari produk tersebut Pendekatan yang digunakan adalah Mixed Methods yang menggabungkan antara data kualitatif dan juga kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan R&D Borg and Gall. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian pengembangan ini adalah, produk media PowerPoint interaktif berhasil meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan nilai akhir yang didapatkan dari angket respon siswa terhadap media sebesar 776 dari nilai maksimum yaitu 880, dengan presentase akhir 88,18% dari presentase maksimum 100% dengan kriteria media “Sangat Efektif”.

Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif PowerPoint, Minat Belajar, Tematik

References

Arindiono, R. J., & Ramadhani, N. (2013). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika untuk siswa kelas 5 SD. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.12962/j23373520.v2i1.2856

Dwi Pangesti, E. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Materi Mengenal Tokoh Awal Kemerdekaan Untuk Siswa Kelas 9 SMP [Sarjana, Universitas Siliwangi].

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Lakeisha.

Lontoh, F., & Sihombing, M. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa.

Sa’adah, R. (2022, April 6). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3 [Wawancara].

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (R&D. Aswaja Pressindo.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran. Pustaka Abadi.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Maghfira, H., & Mukn’iah. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 3. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 11–18. https://doi.org/10.35719/akselerasi.v4i1.160